kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agen BRILink di Bali cetak transaksi Rp 150 juta


Kamis, 12 Januari 2017 / 13:01 WIB
Agen BRILink di Bali cetak transaksi Rp 150 juta


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sejauh ini memiliki total 84.550 agen BRILink tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah agen tersebut tercatat volume transaksinya mencapai Rp 139,1 triliun sepanjang 2016.

Dari puluhan ribu agen BRILink tersebut, salah satu agen yaitu Muhammad Ridwan (41 tahun) mencatatkan transaksi terbanyak di wilayah Bali. Rata-rata transaksi per hari agen laku pandai BRI ini mencapai 250 transaksi dengan nilai Rp 150 juta.

“Per bulan rata-rata saya bisa mendapatkan total  6.700 transaksi dengan pendapatan bersih sebesar Rp 20 juta per bulan,” ujar Ridwan ketika ditemui di Nusa Dua Bali, Selasa (10/1).

Agen laku pandai BRI dengan transaksi terbanyak di Pulau Bali ini mengaku kebanyakan transaksi disumbangkan oleh pembelian pulsa, PLN, biaya transfer dan tabungan.

Siti Khusfatul Faidah (28), istri Ridwan mengakui, kunci banyaknya transaksi BRILink ini adalah dari toko kelontong yang dimilliki. Maklum, selain menjadi agen BRILink, Siti dan Ridwan mempunyai toko kelontong yang berukuran sekitar 30 meter persegi.

Cukup nanyaknya masyarakat yang masih belum melek finansial di Bali menjadi incaran Ridwan untuk menjadi nasabah. Kuncinya adalah promosi dari mulut ke mulut dan kepercayaan.

Saat ini mayoritas nasabah Ridwan berasal dari Nusa Dua dan Sanur. Ridwan mengatakan, banyaknya masyarakat yang menjadi pelanggan BRILink karena mereka tidak terlalu suka dengan antrian di kantor cabang BRI.

Sis Apik Wijayanto, Direktur Konsumen BRI mengatakan, jumlah agen BRILink ini meningkat sebesar 168% secara tahunan atau year on year (yoy).

“Dari total agen BRILink ini 84% tercatat telah aktif bertransaksi dengan rata rata transaksi per agen perbulan sebesar 196 kali,” ujar Sis Apik kepada KONTAN, Rabu (11/1).

Total transaksi keuangan dari agen BRILink ini tercatat sebesar 98,4 juta transaksi. BRI akan mengembangkan agen BRILink ini agar terwujud inklusi keuangan seperti program pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×