kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhir tahun, Fintech tebar diskon bunga pinjaman


Jumat, 09 Desember 2016 / 07:53 WIB
Akhir tahun, Fintech tebar diskon bunga pinjaman


Reporter: Dina Farisah | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Penetrasi financial technology (fintech) kian  masif. Demi menarik minat nasabah, jelang akhir tahun ini sejumlah fintech mengobral bunga pinjaman.

Semisal yang ditawarkan UangTeman dengan sejumlah skema menarik di pengujung tahun. Donna Arifin, Head of Marketing and Communications UangTeman mengatakan, pihaknya menurunkan bunga pinjaman dari semula 1% per hari menjadi 0,5% per hari dan berlaku bagi nasabah yang mengajukan pinjaman antara periode 1 November–31 Desember 2016. Diskon ini berlaku bagi nasabah baru maupun eksisting.

"Dengan diskon ini, otomatis kami lebih ketat menyaring permohonan aplikasi pinjaman," terang Donna kepada KONTAN, Rabu (7/12). Dia menyebut, UangTeman sudah lebih canggih mendeteksi calon debitur dengan sistem algoritma.

Sistem tersebut secara bertahap mampu mengurangi penolakan aplikasi yang masuk dari semula sekitar 70%–80%. Sistem algoritma atau yang juga dikenal dengan credit scoring fraud algoritm itu juga mampu menjaga level kredit macet yang saat ini berkisar di bawah 3%.

Tak mau ketinggalan, Pinjam.co.id juga menyuguhkan cuci gudang di akhir tahun. Teguh Basuki Ariwibowo, Co Founder Pinjam.co.id mengungkapkan pihaknya mengadakan promo rekomendasi.

Promo itu berlaku bagi nasabah yang merekomendasikan Pinjam.co.id kepada nasabah lain, dengan imbalan berupa potongan kredit senilai Rp 30.000. Adapun nasabah yang direkomendasikan juga mendapat potongan tarif biaya modal sebesar Rp 30.000.

"Dengan adanya promo ini, maka nasabah tidak perlu membayar biaya modal alias gratis bunga. Promo ini sudah berlangsung dan antusiasme masyarakat sangat baik," tutur Teguh.

Kembangkan cabang

Kata Teguh, saat ini pinjaman rata-rata berkisar Rp 2 juta per nasabah. Ke depan, Pinjam.co.id terus meningkatkan jaringan. Pihaknya telah bekerja sama dengan 25 mitra, semisal toko emas, elektronik, dan showroom motor. Mitra ini nantinya dapat menerima transaksi gadai melalui Pinjam.co.id.

Jumlah mitra ini akan terus bertambah tahun depan. Yang terbaru, Pinjam.co.id juga tengah berupaya bermitra dengan satu perusahaan BUMN. Meski tak menyebut nama, Teguh berharap kesepakatan antar keduanya bisa terlaksana kuartal I 2017.

Adapun manajemen UangTeman berupaya meningkatkan batas maksimal pinjaman dari semula Rp 2 juta menjadi Rp 3 juta per nasabah. Hal ini dengan pertimbangan pemberian pinjaman Rp 3 juta dianggap cukup aman untuk aplikasi pertama.

Namun pinjaman tersebut harus tetap menyesuaikan dengan gaji, karena UangTeman hanya menyetujui aplikasi pinjaman maksimal 40% dari nominal gaji nasabah.

Sejauh ini, tren transaksi pinjam-meminjam UangTeman terus meningkat. Hingga akhir November 2016, UangTeman telah menyalurkan pinjaman di atas Rp 30 miliar. Melihat minat masyarakat yang positif, UangTeman berniat membuka cabang baru di kota Semarang pada 16 Desember mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×