kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASM berikan literasi keuangan ke petani kopi Sumut


Senin, 30 Oktober 2017 / 23:44 WIB
ASM berikan literasi keuangan ke petani kopi Sumut


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Sinar Mas (ASM) kembali menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan. Kali ini, kegiatan literasi keuangan yang dilakukan perseroan ditujukan bagi UMKM yaitu petani kopi dan juga pemilik salon di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Pemilihan UMKM sebagai target literasi sendiri dinilai sesuai dengan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia. Literasi keuangan yang diberikan berupa pengetahuan mengenai bagaimana merencanakan keuangan dengan baik. Sebagian besar penduduk di kabupaten Humbang Hasundutan bermata pencarian sebagai petani khususnya petani kopi.

Umumnya petani mendapatkan penghasilan sesuai dengan hasil panen. Perencanaan keuangan menjadi penting agar petani bisa mengelola pendapatan yang diterima setelah panen dengan baik dan benar. Materi perencanaan keuangan juga diberikan kepada pemilik salon yang berada di kecamatan Dolok Sanggul.

Pada kesempatan yang sama, peserta diberikan pengetahuan mengenai lembaga dan produk jasa keuangan di Indonesia yang bisa digunakan untuk merencanakan keuangan yaitu jasa keuangan perbankan dan non bank seperti asuransi, lembaga pembiayaan, dana pensiun dan pegadaian.

“Melalui kegiatan ini kami berharap petani kopi dan pemilik salon bisa memiliki pengetahuan untuk merencanakan keuangan di keluarga masing-masing dan juga usaha yang dimilik serta dapat memilih jasa keuangan yang tepat untuk kebutuhan mereka, “ jelas Dumasi M M Samosir, Direktur ASM dalam keterangan tertulis, Senin (30/10).

Di akhir acara, dilakukan penyerahan kartu asuransi simas petani untuk petani dan simas perlindungan untuk pemilik salon. “Kartu asuransi simas petani dan simas perlindungan kami serahkan agar setelah kegiatan peserta dapat langsung mengetahui bahwa ada perlindungan asuransi yang dengan harga yang terjangkau yaitu asuransi mikro,“ lanjut Dumasi. 

Simas petani dan simas perlindungan merupakan produk asuransi mikro dari ASM. Simas petani adalah asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan kepada petani terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin Polis serta santunan tunai harian akibat demam berdarah. 

Sementara Simas Perlindungan adalah asuransi kecelakaan diri yang memberikan perlindungan 24 jam terhadap resiko kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan yang dijamin polis dan memberikan penggantian biaya perawatan atau pengobatan medis akibat kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×