kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank besar ramai-ramai gunting bunga deposito


Jumat, 13 Oktober 2017 / 13:19 WIB
Bank besar ramai-ramai gunting bunga deposito


Reporter: Dessy Rosalina, Galvan Yudistira, Yoliawan H | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para deposan bakal manyun karena bunga deposito terus turun. Langkah perbankan memangkas bunga deposito ini mengekor penurunan bunga acuan Bank Indonesia (BI) dan bunga acuan penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dari laporan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), rata-rata bunga deposito bank sebesar 5,87% atau turun 5 basis point (bps) per Agustus 2017. Bunga deposito yang turun ini karena rata-rata bunga minimum susut 4 bps menjadi 5,00%, dan rata-rata bunga maksimum terpangkas 6 bps menjadi 6,73%.

Direktur Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Randi Anto mengakui, saat ini tren bunga deposito pasar telah turun secara bertahap. Untuk itu, BRI juga ikut memangkas bunga deposito.

"Ke depan ada peluang penurunan bunga deposito 25 bps," kata Randi, kepada KONTAN, Kamis (12/11). Sebelumnya, bank berplat merah ini juga telah menurunkan bunga deposito sebesar 25 bps.

Bank berkode saham BBRI ini tak khawatir penurunan bunga deposito akan mempengaruhi minat nasabah menyimpan dana di perbankan. Karena, BRI telah melakukan kombinasi tawaran simpanan di bank.

Tak hanya BRI, coba tengok penerapan bunga deposito terbaru di PT Bank Mandiri Tbk. Bank berlogo pita emas tersebut menebas bunga deposito untuk tenor 3 bulan dan 6 bulan.

Mengutip keterangan resmi Bank Mandiri yang diterima KONTAN, Bank Mandiri menurunkan bunga deposito sebesar 25 bps. Penurunan bunga deposito ini terjadi untuk seluruh kelas nasabah.

Untuk segmen deposito senilai Rp 100 juta hingga kurang dari Rp 1 miliar, bunga deposito turun 25 bps jadi 5,5% dari sebelumnya 5,75%. Bunga berlaku untuk tenor 3 bulan dan 6 bulan.

Sedangkan, untuk deposito mulai dari Rp 1 miliar hingga kurang dari Rp 5 miliar turun menjadi 5,75% untuk tenor 3 bulan. Sedangkan bunga deposito dengan nilai yang sama untuk tenor 6 bulan sebesar 5,5%, turun dari 5,75%.

"Bunga deposito ini berlaku sejak 11 Oktober 2017," tulis Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas.

Kepala Group Risiko Perekonomian dan Sistem Keuangan LPS Dody Arifianto LPS memproyeksikan, bunga deposito akan kembali turun di kuartal IV-2017 ini.

Kondisi likuiditas yang relatif longgar karena permintaan kredit yang belum pulih bisa mendorong bunga simpanan turun lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×