kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank BUMN kebut integrasi EDC dan merchant


Rabu, 21 Juni 2017 / 17:47 WIB
Bank BUMN kebut integrasi EDC dan merchant


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Bank BUMN siap mendukung rencana Kementerian BUMN yang akan melakukan integrasi mesin EDC (electronic data capture). Tercatat saat ini sudah 19.000 EDC bank BUMN yang disatukan dalam bentuk EDC Link Himbara.

Sampai akhir 2017, ditargetkan akan ada 20.000 EDC baru yang digabungkan dengan merchant bersama.

“Kami masih menyusun model bisnis yang tepat terkait dengan integrasi EDC Himbara ini,” ujar Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementerian BUMN, Selasa (20/6).

Randi Anto Direktur BRI mengatakan, saat ini, selain integrasi EDC, bank juga akan meningkatkan integrasi antar merchant. “Saat ini jumlah merchant EDC ada sekitar 125.000, yang nantinya akan bertambah seiring dengan integrasi EDC Link Himbara,” ujarnya, Rabu (21/6).

Dengan adanya integrasi merchant EDC, menurut Dadang Setiabudi, Senior Executive Vice President (SEVP) Teknologi Informasi BNI, bank akan tetap dapat menerima transaksi pembayaran dengan produk kartu dari beberapa bank.

Gatot menyebut, dengan integrasi mesin dan merchant EDC diharapkan bisa meningkaktan efisiensi operasional bank BUMN. Efisiensi itu, menurutnya terkait dengan penghematan biaya sewa dan pembelian mesin EDC yang cukup mahal. Sebagai gambaran saja, untuk menyewa mesin EDC, Himbra harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 125.000 sampai Rp 150.000 per bulan.

Jika pengelolaan mesin EDC bisa diefisiensikan, maka hal ini bisa berdampak pada penurunan biaya transaksi. Sehingga tidak menutup kemungkinan biaya merchant discount rate (MDR) EDC bisa mengalami penyesuaian.

Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri mengatakan, dengan integrasi merchant diharapkan nasabah bank BUMN bisa bertransaksi di merchant EDC Link Himbara secara lebih luas. Dus, diharapkan bisa meningkatkan keuangan inklusif di masyarakat.

Sebagai gambaran, hingga kuartal I-1017, jumlah EDC tiga bank BUMN, yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI mencapai 656.953 unit. BRI mempunyai jumlah EDC terbanyak, diikuti Bank Mandiri dan BNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×