kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,45   -7,93   -0.80%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank proyeksikan rasio profitabilitas tahun ini tak banyak berubah


Selasa, 24 April 2018 / 15:42 WIB
Bank proyeksikan rasio profitabilitas tahun ini tak banyak berubah
ILUSTRASI. Pelayanan Nasabah di Bank Negara Indonesia (BNI)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank besar memproyeksikan rasio profitabilitas (RoA) tahun ini tak banyak berubah. Hal ini bisa dilihat dari proyeksi RoA beberapa bank besar pada tahun ini.

Herry Sidharta, Wakil Direktur Utama BNI bilang sampai akhir 2018 RoA BNI diperkirakan 2,7%-2,8%. Proyeksi rasio profitabilitas ini hanya naik 10 bps secara tahunan atau year on year (yoy).

"RoA BNI pada Q1 2018 tercatat pada level 2,7% sama dengan pencapaian selama 2017," kata Herry kepada Kontan.co.id, Selasa (24/4).

Sedangkan Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP menargetkan sampai akhir 2018 diperkirakan rasio RoA sebesar 2% atau relatif sama dengan tahun lalu. "Pada kuartal I-2018 diperkirakan RoA juga berada di angka 2%," kata Parwati kepada Kontan.co.id, Selasa (24/4).

Haryono Tjahjarijadi, Presiden Direktur Bank Mayapada juga bilang pada kuartal I-2018, RoA diperkirakan 1,3% dengan target sampai akhir tahun 1,5%. Proyeksi RoA 2018 ini naik 20 bps secara yoy.

Frans Alimhamzah, Direktur Bisnis Banking bilang rasio profitabilitas bank akan tergantung dari perbaikan dan pertumbuhan kredit.  "Hindari dan bereskan kredit bermasalah," kata Frans kepada Kontan.co.id, Selasa (24/4).

Herry bilang untuk mencapai proyeksi rasio profitabilitas sampai akhir tahun BNI telah menyiapkan beberapa strategi. Di antaranya fokus pada kualitas aset sehingga credit cost dapat terjaga.

Bank juga melakukan efisiensi dan optimalisasi biaya. Selain itu, Bank CIMB Niaga juga berusaha meningkatkan aset dengan mencari yield bisnis yang lebih baik.

BNI juga berusaha mengoptimalisasi beban bunga melalui peningkatan dana murah dan peningkatan kualitas layanan yang mampu menghasilkan fee based income.

Parwati bilang rasio profitabilitas bank dipengaruhi besaran aset dan laba yang diperoleh. Sehingga OCBC NISP berusaha meningkatkan pemberian kredit dan menjaga kualitas kredit, disamping terus mendorong efisiensi operasional diantaranya dengan melakukan pengembangan teknologi dan perbaikan proses yang berkelanjutan.

Haryono juga mengatakan Bank Mayapada terus berusaha meningkatkan volume bisnis dan efisiensi, Hal ini dengan mendorong meningkatkan penggunaan digital banking. Dengan ini diharapkan efisiensi dan fee income bisa mengalami kenaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×