kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beragam strategi industri perbankan untuk mempertebal pendanaan


Selasa, 10 Juli 2018 / 22:41 WIB
Beragam strategi industri perbankan untuk mempertebal pendanaan
ILUSTRASI. Direktur Strategis Bisnis dan Keuangan BRI Haru Koesmahargyo


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaku industri perbankan upayakan berbagai cara untuk menghimpun pendanaan. Salah satunya Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang tengah melakukan roadshow penerbitan obligasi global mulai 11 Juli ke Singapura, Hong Kong, dan London.

Haru Koesmahargyo, Direktur Keuangan BRI menyatakan langkah ini merupakan eksplorasi opsi pendanaan. Termasuk global bond sebagai diversifikasi pendaan dollar AS khususnya pendanaan jangka panjang. 

"Global bond iniakan menggantikan global bond yang sebelumnya jatuh tempo. BRI akan disclose informasi terkait transaksi ini minggu depan," ujar Haru kepada Kontan.co.id pada Selasa (10/7).

Bila BRI menerbitkan obligasi global, PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) ambil strategi rights issue untuk perkuat modal. Mayapada akan menerbitkan 910 juta saham baru melalui rights issue dengan target dana sebesar Rp 2 triliun.

Hariyono Tjahjarijadi, Direktur Utama Mayapada bilang guna menyukseskan langkah korporasi ini, maka manajemen akan mengelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) untuk meminta persetujuan pemegang saham pada 31 Juli.

Bila langkah ini disetujui oleh pemegang saham dan pendaftaran dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan rights issue ini, diharapkan akan memperkuat struktur permodalan bank tersebut.

Tujuannya bisa menambah kemampuan bank meningkatkan kegiatan usaha, kinerja dan daya saing. Selain itu diharapkan dengan aksi korporasi ini bisa meningkatkan imbal hasil nilai investasi seluruh pemegang saham. Seluruh dana yang diperoleh dari rights issue ini akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan dan penyaluran kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×