kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biro kredit Pefindo beroperasi tahun ini


Jumat, 22 Mei 2015 / 06:33 WIB
Biro kredit Pefindo beroperasi tahun ini


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Tak lama lagi, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) bakal menjalankan bisnis baru yakni pemeringkatan kredit di pasar ritel. Saat ini, perizinan anak usaha baru Pefindo tersebut tengah diproses.

Direktur Pefindo, Yohanes Arts Abimanyu menyatakan, anak usaha Pefindo yang bergerak di bidang biro kredit swasta yaitu PT Pefindo Biro Kredit, akan mengirimkan izin operasional ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bulan ini.

Pefindo memprediksikan, proses perizinan bisa memakan waktu sekitar tiga bulan. "Sehingga kami masih menargetkan di tahun ini bisa beroperasi penuh," kata Yohanes, Kamis (21/5). Sembari menunggu pengurusan izin, Pefindo Biro Kredit juga akan menyelesaikan sejumlah persiapan lain, termasuk diantaranya adalah persiapan dari sisi teknis.

Beberapa persiapan yang masih dilanjutkan adalah dari sisi infrastruktur dan sumber daya manusia serta persiapan dari sisi teknologi informasi. Nantinya, Pefindo Biro Kredit akan menawarkan sejumlah produk seperti credit scoring report yang merupakan laporan komprehensif memuat informasi identitas debitur dan profil perkreditan.

Selain itu, ada pula produk credit and fraud alerts sebagai layanan notifikasi terhadap pelemahan atau penguatan profil kredit debitur, termasuk indikasi fraud yang dilaporkan secara otomatis. Bagi debitur, kehadiran Pefindo Biro Kredit bisa memberikan keuntungan untuk meningkatkan ketersediaan fasilitas kredit bagi individu yang mempunyai risiko yang rendah.

Selain itu, proses aplikasi kredit pun bisa lebih efektif dan efisien, Sementara perbankan atau multifinance bisa lebih selektif dalam menyalurkan kredit. "Mereka bisa lebih mudah menentukan plafon dan bunga kepada debitur yang berbeda risikonya," kata Yohanes.

Yohanes memperkirakan, potensi pendapatan dari Pefindo Biro Kredit bisa mencapai separuh dari pendapatan konsolidasi. Saat ini, sekitar 95% pendapatan Pefindo berasal dari bisnis pemeringkatan efek. Sisanya dari publikasi serta riset ekuitas dan konsultasi yang dilakukan anak usaha mereka yang lain yaitu PT Pefindo Riset Konsultasi. Yohanes optimistis, porsi akan berubah.

"Kami harapkan 50% masih dari pemeringkatan dan sisanya dari anak usaha terutama Pefindo Biro Kredit," ujar Yohanes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×