kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI gandeng Pelindo III sediakan layanan transaksi non tunai


Jumat, 11 Mei 2018 / 20:52 WIB
BRI gandeng Pelindo III sediakan layanan transaksi non tunai
ILUSTRASI.


Reporter: Yoliawan H | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) dalam menyediakan layanan non tunai berbasis uang elektronik edisi Port Card. Adapun nantinya uang elektronik ini dapat dilakukan untuk transaksi di lingkungan Pelindo III.

Handayani, Direktur Konsumer BRI menjelaskan, penerapan E-Port Card ini merupakan salah satu bentuk sistem pembayaran terintegrasi yang dibangun oleh Bank BRI untuk Pelindo III.

“Sebelumnya Bank BRI juga telah membangun sistem untuk pembayaran jasa kepelabuhanan di wilayah pelabuhan Pelindo III dengan menggunakan sistem Host to Host Payment di seluruh channel Bank BRI,” jelas Handayani saat ditemui di acara penandatanganan kerjasama BRI dengan Pelindo III, Jumat (11/5).

Menurut Hanny sapaan akrabnya, potensi transaksi di pelabuhan sangat besar. Ditambah lagi fungsi pelabuhan sekarang banyak digunakan sebagai salah satu layanan pariwisata.

Total ada 27 port yang dimiliki Pelindo III. Saat ini sistem cashless akan diawali di pelabuhan besar seperti Surabaya dan Bali. Kedepan akan dilakukan perluasan terkait transaksi non tunai ini.

Harapannya kartu Brizzi Co branding ini dapat diterbitkan sekitar 20.000 kartu. Total ditargetkan Brizzi akan diterbitkan hingga 3 juta kartu tahun ini. Hingga akhir April 2018, tercatat jumlah kartu yang beredar mencapai 10 juta kartu atau tumbuh sekitar 13% dibandingkan dengan posisi akhir Desember 2017 sebanyak 8,8 juta kartu.

Untuk transaksi sendiri per bulannya sudah mencapai 9 juta transaksi. Harapannya akan terus meningkat di tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Bank BRI juga berkomitmen untuk memberikan jasa layanan perbankan kepada perusahaan anak Pelindo III yaitu PT Pelindo Daya Sejahtera. Adapun bentuk komitmen yang akan diberikan kepada PT. Pelindo Daya Sejahtera antara lain berupa layanan pengelolaan pembayaran gaji, pemberian fasilitas kredit konsumer (KPR, KKB, dan Briguna), Pengelolaan Dana Pensiun, dll.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×