kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CIMB Niaga Syariah yakin penyaluran KPR syariah kuartal II akan meningkat


Selasa, 01 Mei 2018 / 14:02 WIB
CIMB Niaga Syariah yakin penyaluran KPR syariah kuartal II akan meningkat
ILUSTRASI. Bank CIMB Niaga Syariah


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Segmen pembiayaan perumahan tengah menjadi idola bagi sejumlah perbankan syariah. Salah satu pemain terbesar pembiayaan perumahan (KPR) syariah yakni Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Syariah. Perusahaan ini optimistis penyaluran pembiayaan perumahan akan meningkat di kuartal II-2018.

Direktur Perbankan Syariah CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara memprediksi pada kuartal II permintaan pembiayaan segmen ini akan lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya.

Adapun, per kuartal I-2018 UUS CIMB Niaga mencatat penyaluran KPR Syariah tumbuh 12,9% bila dibandingkan realisasi pada akhir tahun 2017. "Portofolio KPR Syariah di kuartal I-2018 sudah mencapai Rp 6,1 triliun, naik dibandingkan posisi Desember 2017 sebesar Rp 5,4 triliun," ungkapnya kepada Kontan.co.id, Senin (30/4).

Dari jumlah tersebut, pembiayaan KPR Syariah yang dikucurkan oleh UUS CIMB Niaga selama tiga bulan pertama mencapai Rp 811 miliar. Angka tersebut lebih tinggi dari target perseroan di kuartal I-2018 sebesar Rp 739 miliar.

Melihat permintaan yang kian deras, UUS CIMB Niaga pun yakin pertumbuhannya dapat melampaui pencapaian sebelumnya. "Target penyaluran pembiayaan KPR Syariah di kuartal II harus lebih besar dari pencapaian di kuartal I 2018," tambahnya.

Beberapa strategi pun telah disiapkan, antara lain dengan melakukan kampanye produk KPR iB Flexi berbasis akad musyarakah mutanaqisah (MMQ) yang memiliki uang muka (DP) lebih murah. Serta pricing yang kompetitif bila dibandingkan dengan produk KPR bank konvensional.

Perseroan juga telah membuat sejumlah program KPR syariah dengan menggandeng developer-developer yang telah menjadi mitra. "Optimalisasi penjualan KPR Syariah juga dilakukan melalui cabang-cabang konvensional menggunakan konsep dual banking leverage model (DBLM)," tutur Pandji.

Sebagai tambahan informasi saja, pada kuartal I-2018 UUS CIMB Niaga mencatatkan pertumbuhan signifikan. Antara lain pembiayaan mencapai Rp 14,7 triliun atau tumbuh 58,5% dari posisi tahun sebelumnnya Rp 10,98 triliun atau year on year (yoy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×