kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fokus ekspansi digital, BRI tahan tambah kantor


Kamis, 18 Mei 2017 / 16:51 WIB
Fokus ekspansi digital, BRI tahan tambah kantor


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) tahun ini mengerem penambahan kantor cabang baru. SEVP Jaringan dan Layanan BRI, Agus Noorsanto mengatakan, tahun ini pihaknya akan fokus untuk mengonversikan kantor cabang menjadi kantor cabang digital sesuai dengan arahan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Agus menyebut, dengan mengoptimalkan kantor cabang menjadi digital ini harapannya BRI bisa lebih efisien. Pasalnya, kantor cabang digital BRI tidak lagi menggunakan teller maupun pegawai perorangan melainkan beralih ke mesin. "Layanan dari teller, customer service semua dialihkan ke mesin digital seperti ATM, CRM, Hybrid Machine (Video Banking), cash teller machine, self passbook printer dan video call," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Konsumer BRI Sis Apik Wijayanto menyebut, saat ini BRI telah memiliki 13 cabang digital yang tersebar di 10 pusat perbelanjaan dan tiga di bandara di beberapa kota. Hingga akhir tahun nanti, BRI menargetkan mampu mengonversikan sekitar 25 kantor cabang konvensional menjadi digital.

Sejalan dengan strategi digitalisasi perbankan BRI, bank dengan aset terbesar di Indonesia ini juga telah mengalokasikan modal sebesar Rp 2,5 triliun untuk belanja teknologi. Salah satunya merupakan pembiayaan pembangunan cabang digital.

Meski begitu, Agus mengatakan, tidak menutup kemungkinan BRI tetap akan menambah outlet fisik jika diperlukan. Hanya saja jumlahnya dipastikan sangat sedikit. "BRI tidak akan mebambah outlet fisik, kecuali ada kasus tertentu misalnya karena ada pengembangan daerah administratif baru yang memerlukan adanya kantor secara fisik," ujarnya.

Sebagai informasi saja, saat ini BRI telah memiliki 10.643 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari total outlet tersebut, jumlah kantor cabang tercatat sebanyak 467 kantor dan 609 kantor cabang pembantu dan 984 kantor kas. Sementara sisanya merupakan Teras BRI, Teras Mobile BRI, dan kantor unit BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×