kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gratis! OJK gelar Pasar Keuangan Rakyat di JIExpo


Sabtu, 20 Desember 2014 / 17:21 WIB
Gratis! OJK gelar Pasar Keuangan Rakyat di JIExpo
ILUSTRASI. Tanda Tubuh Jika Anda Terkena Alergi Obat


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Lembaga Jasa Keuangan (LJK) menyelenggarakan Kegiatan Pasar Keuangan Rakyat di JIExpo-Kemayoran, Jakarta pada 20 Desember-21 Desember 2014. Kegiatan ini sebagai rangkaian acara Peluncuran Layanan Keuangan Mikro di Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Pasar Keuangan Rakyat yang berlangsung selama dua hari ini, bisa dikunjungi masyarakat tanpa dipungut biaya apapun alias gratis. Pasar Keuangan Rakyat yang diselenggarakan oleh OJK dan diikuti oleh 244 pelaku usaha jasa keuangan dari 6 industri jasa keuangan dan lembaga/asosiasi, yang terdiri dari 70 Bank, 61 Perusahaan Asuransi, 52 Perusahaan Sekuritas termasuk Manajer Investasi, 40 Perusahaan Pembiayaan, 1 Dana Pensiun Lembaga Keuangan, Pegadaian, dan 19 Lembaga lainnya (Otoritas, Asosiasi industri jasa keuangan, dan lainnya).

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukasi keuangan, memperoleh informasi mengenai sektor jasa keuangan, produk dan layanannya, serta menyediakan berbagai produk dan jasa keuangan kepada masyarakat dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan," ujar Kusumaningtuti Soetiono, Anggota Dewan Komisioner Edukasi dan Lindung Konsumen OJK di Jakarta, Sabtu (20/12).

Berbagai kegiatan menarik dan edukatif yang dapat dijumpai, yaitu:

1. Edukasi keuangan, antara lain Warung Iboe Tjerdas, Warung Tematik UMKM, Pojok Wirausaha, Pojok Periksa Dompet, Simulasi Produk Keuangan, Talkshow Keuangan, dan Zona Binaan LJK.

2. Konsultasi dan Pameran Produk dan Jasa Keuangan Mikro, Laku Pandai, Layanan Keuangan Mikro, Layanan Digital, SiMOLEK, Mobil Layanan Keuangan.

3. Transaksi keuangan, antara lain Penandatanganan Perjanjian Kredit Mikro dan Penjualan berbagai Produk dan Jasa Keuangan yang bersifat low cost dengan diskon yang menarik.

4. Lomba, Arena Bermain Anak, Pertunjukan Musik, dan Zona Icip-Icip.

Kusumaningtuti atau yang akrab disapa Titu bilang, target pengunjung dalam kegiatan ini sekitar 20.000 orang yang dapat berasal dari Karyawan Lembaga Jasa Keuangan, Konsumen keuangan, Guru, Mahasiswa, Pelajar, Ibu Rumah Tangga, Pelaku UMKM, Nelayan, Petani, Regulator, Kalangan Media, dan komunitas lainnya.

Titu menyebutkan, kegiatan Pasar Keuangan Rakyat ini bertujuan untuk:

1. meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan memperkenalkan industri jasa keuangan beserta produk dan jasa keuangan, khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah;

2. memperluas akses masyarakat (financial inclusion) terhadap lembaga jasa keuangan maupun dalam menggunakan produk dan jasa keuangan;

3. mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan; dan

4. mendukung terciptanya masyarakat cerdas keuangan melalui pengenalan literasi keuangan sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×