kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemen BUMN pastikan BRI akuisisi anak usaha Bahana


Senin, 13 Maret 2017 / 08:14 WIB
Kemen BUMN pastikan BRI akuisisi anak usaha Bahana


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memastikan PT Bank Rakyat Indonsia Tbk nantinya akan memiliki dua anak usaha Bahana yaitu Bahana Sekuritas dan Bahana Artha Ventura.

Nantinya proses masuknya dua anak usaha Bahana ini ke BRI adalah dengan cara akusisi. Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan Kementerian BUMN mengatakan nantinya proses akusisi ini dilakukan setelah holding terbentuk.

“Setelah holding terbentuk, kami meminta kajian secara korporasi (untuk akusisi ini),” ujar Gatot menjawab pertanyaan KONTAN, Sabtu (11/3).

Selain BRI, Kementerian juga memastikan akusisi anak usaha Danareksa yaitu PT Danareksa Investment Management (DIM) dan PT Danareksa Finance oleh BTN.

Akusisi ini dilakukan karena BRI belum memiliki anak usaha sekuritas dan modal ventura. Selain itu BTN menurut Gatot juga belum memiliki anak usaha perusahaan aset manajemen dan multifinance.

Khusus untuk perusahaan modal ventura, Bahana Artha Ventura yang akan menjadi anak usaha BRI, nantinya akan didorong untuk pendampingan ke usaha UMKM khusus pertanian agar cepat naik kelas.

Terkait dengan akusisi ini, sumber KONTAN mengatakan bahwa pemegang saham BTN sudah menyetujui bank berkode BBTN ini untuk mengakusisi PT Danareksa Investment Management (DIM).

Terkait dengan persetujuan pemegang saham BTN, Gatot tidak membantah dan tidak mengiyakan. Yang jelas, saat ini Kementerian BUMN sedang jalan pararel untuk memastikan akusisi anak usaha Danareksa oleh BTN dan anak usaha bahana oleh BRI bisa terlaksana setelah holding.

Menurut Gatot akusisi ini akan dilakukan dengan mekanisme Inbreng atau memasukkan harta dalam bentuk non tunai dari para pemegang saham.

Terkait dengan akusisi dua anak usaha Danareksa oleh BTN, Iman Nugroho Soeko, Direktur Keuangan dan Treasury BTN mengatakan akan dilakukan setelah holding selesai. “Saat ini BTN sedang melakukan kajian internal dan studi awal dan kelayakan,” ujar Iman.

Terkait dana yang disiapkan BTN terkait akusisi ini, Iman belum mau merinci karena masih dalam bentuk due dilligence. Haru Koesmahargyo, Direktur Keuangan BRI juga belum mau mendetailkan berapa dana yang disiapkan BRI khusus untuk akusisi dua anak usaha Bahana ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×