kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

LPS naikkan bunga penjaminan, ini kata bankir


Rabu, 06 Juni 2018 / 21:36 WIB
LPS naikkan bunga penjaminan, ini kata bankir
ILUSTRASI. Ketentuan premi baru LPS


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan untuk meningkatkan tingkat bunga penjaminan periode 6 Juni 2018 sampai 17 September 2018. Rinciannya, untuk tingkat bunga penjaminan di bank umum naik 25 basis poin (bps) menjadi 6%. LPS juga memutuskan untuk kenaikan sebesar 50 bps untuk tingkat bunga penjaminan simpanan valuta asing di bank umum menjadi 1,25%.

Menanggapi hal tersebut, sejumlah bankir mengatakan akan melakukan penyesuaian terhadap kenaikan bunga penjaminan simpanan. Direktur Keuangan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Iman Nugroho Soeko menuturkan pihaknya akan segera menaikkan bunga simpanan dalam rangka merespons kebijakan tersebut.

"Kami akan ikut melakukan penyesuaian. Kami akan segerakan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (6/6).

Lebih lanjut, Iman menjelaskan, besaran bunga simpanan perseroan akan dinaikan mengikuti kenaikan bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7-day reverse repo rate (7DRR). Adapun, langkah LPS untuk menaikkan tingkat bunga penjaminan simpanan valas lebih tinggi dari rupiah merupakan penyesuaian terhadap kenaikan bunga di luar negeri.

Dampaknya, dipastikan simpanan valas di dalam negeri bakal mengalami peningkatan. "Untuk valas suku bunga penjaminannya naik karena perlu penyesuaian dengan tingkat bunga di luar negeri yang juga naik," tambahnya.

Senada, Direktur Keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Haru Koesmahargyo juga akan melakukan penyesuaian terhadap kenaikan bunga penjaminan LPS.

Lebih lanjut, Haru memastikan dalam waktu dekat pihaknya bakal meningkatkan bunga simpanan/deposito. "Dampaknya (kenaikan bunga LPS) nasabah akan merasa lebih aman karena bunga deposito yang dijamin lebih tinggi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×