kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

OJK: Bank Metro Express dan Bank CNB siap merger


Minggu, 30 Agustus 2015 / 22:50 WIB
OJK: Bank Metro Express dan Bank CNB siap merger


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan mengatakan Bank Metro Express dan Bank Centratama Nasional Bank yang saham mayoritasnya kini dimiliki oleh Shinhan Bank, sudah memiliki komitmen untuk melakukan merger. Sebelumnya tercatat, Shinhan Bank, yang merupakan lembaga keuangan terbesar ketiga di Korea Selatan telah menyelesaikan pengambilalihan saham dua bank ini.

Deputi Komisioner Pengawasan Perbankan OJK, Irwan Lubis mengatakan bahwa setelah mengambil alih saham mayoritas pada kedua bank tersebut, nantinya sebagai pemegang saham mayoritas, Shinhan Bank akan melakukan rencana merger.

“Nah merger sendiri ada dua yaitu legal merger dan operasional merger. Sebelum dilakukan merger biasanya adalah due dilligent dulu,” ujar Irwan, Kamis (27/08) lalu.

Nah, nantinya Shinhan Bank nantinya akan memutuskan kantor mana yang akan dipertahankan, berapa jumlah karyawan, bagaimana model bisnisnya. Perkiraan waktu untuk melakukan proses merger ini menurut Irwan adalah antara 9 bulan sampai 12 bulan.

Irwan mengatakan terkait dengan porsi saham Shinhan pada dua bank tersebut, dimungkinkan karena bank asal Korea tersebut sudah komitmen untuk membantu program konsolidasi dan merger.

Selain itu, Sinhan sudah komitmen untuk mengembangkan sektor prioritas yang diharapkan pemerintah dan OJK. Nah, untuk sektor prioritas ini menurut Irwan adalah antara sektor pertanian dan sektor maritim.

Irwan mengatakan kedepannya akusisi bank asing pada bank buku 1 akan diarahkan ke pengembangan bank sampai menjadi buku 3 melalui akuisisi bank lain dan penambahan modal. Saat ini tambah Irwan, Sinhan masih melakukan Conditional Sale and Purchase Agreement lanjutan untuk menyelesaikan aturan tambahan yang disyaratkan OJK.

Sebelumnya Sinhan telah mengantongi 50% dari total saham Bank Metro Express. Selain Itu tercatat Sinhan Bank juga telah mengantongi 75% saham Centratama Nasional Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×