kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Biro Kredit gandeng BPJS Kesehatan


Senin, 30 Mei 2016 / 22:04 WIB
Pefindo Biro Kredit gandeng BPJS Kesehatan


Reporter: Dina Farisah | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Pefindo Biro Kredit (PBK) terus menjalin kerja sama dengan institusi dan lembaga untuk bertukar data dan informasi. Dalam waktu dekat, Pefindo akan bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).

Ronald T. Andi Kasim, Direktur Utama PT Pefindo Biro Kredit mengatakan, pihaknya akan memperluas kerja sama dengan institusi atau lembaga negara dalam rangka mengakses informasi dan data masyarakat. Sejauh ini, Pefindo telah menjalin kemitraan dengan PT Telkom, Pegadaian, BPJS Ketenagakerjaan, Taspen. Tidak lama lagi, pihaknya akan menggandeng BPJS Kesehatan. Kerja sama ini dinilai mendatangkan manfaat baik kepada masyarakat juga kepada institusi.

"Masyarakat yang disiplin membayar iuran BPJS Kesehatan akan mendapatkan kredit poin. Ini bentuk apresiasi karena iurannya tidak pernah menunggak. Di sisi lain, perusahaan bisa mendapatkan pemasukan lebih karena kesadaran masyarakat meningkat secara bertahap," terang Ronald.

Ke depannya, Pefindo Biro Kredit tidak menutup kemungkinan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain. Rencananya, anak usaha PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) ini juga akan bekerja sama dengan koperasi simpan pinjam. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kedisiplinan masyarakat, khususnya di daerah dalam membayar kewajibannya.

Selama ini banyak masyarakat di daerah yang disiplin dalam membayar tagihan. Namun perbankan menolak memberikan kredit lantaran mereka tidak memiliki rekam jejak perbankan (unbankable). Melalui kerja sama dengan koperasi, diharapkan dapat tercermin tinggi rendahnya credit score masyarakat di daerah, sehingga perbankan maupun lembaga keuangan lainnya dapat mempertimbangkan credit score dari Pefindo Biro Kredit untuk memberikan kredit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×