kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perbankan targetkan pertumbuhan nilai buku dua digit


Minggu, 28 Januari 2018 / 19:37 WIB
Perbankan targetkan pertumbuhan nilai buku dua digit
ILUSTRASI. Mobile Booth Tanda 360 Bank OCBC NISP


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa bank besar menargetkan pertumbuhan nilai buku atau ekuitas hingga dua digit pada tahun ini. Pertumbuhan nilai buku ini sesuai dengan target peningkatan kinerja bank tahun ini.

Haru Koesmahargyo, Direktur Keuangan BRI mengatakan, pertumbuhan nilai buku BRI tahun ini sebesar 9%-11% secara tahunan atau year on year (yoy).

Sementara Bank Tabungan Negara (BTN) menargetkan pertumbuhan ekuitas pada 2018 sebesar 16%-19% yoy.

"Strategi yang kami lakukan adalah peningkatan laba, sekuritisasi aset dan melakukan subdebt," kata Mahelan Prabantarikso, Direktur BTN  kepada Kontan.co.id pekan ini.

Untuk OCBC NISP tahun ini menargetkan pertumbuhan ekuitas sebesar 10%-15%. "Pada November 2017 ekuitas bank tumbuh 12%," kata Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP. Strategi untuk mencapai target tersebut adalah dengan meningkatkan laba bersih pada periode berjalan.

Adapun PT Bank Mandiri Tbk mengaku lebih memprioritaskan kapitalisasi pasar dibandingkan nilai buku. Hal ini karena kapitalisasi pasar merupakan cerminan nilai pasar bank di mata investor.

Rohan Hafas, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri bilang, pertumbuhan nilai buku bank dijaga agar tidak terlalu kencang. "Karena kalau terlalu kencang maka rasio return on equity (RoE) akan menjadi kurang optimal," kata Rohan kepada Kontan.co.id.

Oleh karena itu Bank Mandiri akan terus membayarkan dividen yang nilainya juga semakin besar seiring dengan kenaikan laba. Sebab, faktor yg mempengaruhi nilai buku adalah besarnya laba tahun berjalan dan dividen yang dibayarkan. Nilai buku akan terus naik seiring dengan pertumbuhan laba tahun 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×