kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT Pegadaian kantongi laba Rp 1,8 triliun


Senin, 06 November 2017 / 17:32 WIB
PT Pegadaian kantongi laba Rp 1,8 triliun


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian berhasil mencatatkan pertumbuhan laba hingga sembilan bulan pertama tahun ini. Hal ini sejalan dengan kenaikan pendapatan yang berhasil dibukukan oleh perusahaan gadai milik pemerintah tersebut.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai akhir triwulan ketiga 2017 ini Pegadaian mengantongi laba komprehensif sebesar Rp 1,86 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 7,5% dari posisi pada periode yang sama di tahun kemarin yang sebanyak Rp 1,73 triliun.

Tumbuhnya keuntungan yang didapat perseroan ini seiring dengan menggemuknya pendapatan yang didapat.

Sampai bulan September kemarin, pendapatan yang masuk kantong Pegadaian tercatat sebesar Rp 7,75 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sekira 9,7% dibanding periode yang sama pada tahun kemarin yang sebesar Rp 7,06 triliun.

Direktur Pegadaian Harianto Widodo menyebut potensi bisnis perusahaannya di tahun ini memang masih cerah. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan kebutuhan dana masyarakat yang juga menunjukan kenaikan.

Termasuk untuk kebutuhan produktif. Dus, peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan perseroan pun dinilai masih akan bear. "Petumbuhan bisnis kami masih solid," kata dia belum lama ini.

Selain dari naiknya pendapatan, pertumbuhan laba juga diupayakan Pegadaian dengan menjaga beban yang harus ditanggung. Misalnya dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk menekan beban operasional dalam proses bisnis.

Selain itu, perseroan juga terus mencari sumber-sumber pendanaan yang seefisien mungkin. Dus, diharapkan cost of fund yang dimiliki perusahaan pun bisa makin enteng. Selain bisa menekan meringankan beban kepada nasabah, hal ini juga bisa memperlebar majin bunga yang bisa didapat.

Sampai triwulan ketiga tahun ini sendiri, total beban Pegadaian tercatat sebesar Rp 5,26 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan setinggi 8,9% dari periode yang sama di tahun 2016. Artinya kenaikan beban Pegadaian lebih rendah dari naiknya pendapatan.

Sepanjang 2017 ini sendiri, perseroan menargetkan bisa mencatat kenaikan laba setidaknya setinggi 10% dari tahun lalu. Dimana selama 2016, keuntungan Pegadaian tercatat sebanyak Rp 2,2 triliun.

Artinya hingga tutup tahun nanti, perseroan mengejar laba sebesar Rp 2,4 triliun. Dengan begitu dalam tempo sembilan bulan pertama tahun ini, Pegadaian sudah merealisasikan 76,8% dari target laba yang dikejar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×