kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wimboh : Kredit tahun ini masih bisa tumbuh 10%-12%


Selasa, 05 Juni 2018 / 09:32 WIB
Wimboh : Kredit tahun ini masih bisa tumbuh 10%-12%
ILUSTRASI. Wimboh Santoso


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) hingga dua kali pada Mei lalu tak menumbangkan optimisme Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap target pertumbuhan kredit 2018. 

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso meyakini, kredit masih bisa tumbuh 10%-12% tahun ini. "Tidak masalah (dampak kenaikan BI 7DRR), target kredit masih sama (10%-12%)," ujar Wimboh, Senin (4/6).

Akhir Mei lalu, Bank Sentral kembali mengumumkan kenaikan suku bunga acuan BI atau BI 7DRR sebanyak 25 basis poin menjadi 4,75%. Kondisi tersebut, cenderung mendorong bunga kredit di perbankan ikut terkerek dan berpotensi membebani debitur.

Menurutnya, suku bunga pinjaman tak melulu jadi faktor pendorong pertumbuhan kredit. Meskipun, pengusaha akan lebih menyukai suku bungan yang lebih murah.

"Bunga bukan satu-satunya. Suku bunga naik, bukan berarti menjadi beban bagi para nasabah tersebut," jelas Wimboh.

Kenaikan suku bunga Bank Sentral bulan lalu, cenderung sudah diantisipasi oleh nasabah. Sehingga, para nasabah umumnya sudah memiliki kiat-kiat untuk tetap kompetitif meskipun suku bunga acuan dinaikkan.

Selain itu, OJK juga mendorong perbankan untuk lebih efisien, salah satunya dengan menggunakan pendekatan produk-produk yang prosesnya berbasis teknologi. Dengan begitu, penawaran produk keuangan tidak perlu menggunakan jalur-jalur konvensional.

"Dengan teknologi bisa lebih efisien, bisa lebih mendapatkan fee banyak, sehingga kalau ada kenaikan suku bunga dana, itu tidak akan terlalu jadi beban nasabah peminjam," ujar Wimboh.

Sehingga, perbankan diharapkan bisa memiliki ruang lebih luas untuk mengefisienkan proses bisnis perbankan, sehingga menghemat biaya. "Dengan begitu, suku bunga bisa terukur," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×