kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhir Mei, piutang mutlifinance sentuh Rp 427,4 triliun


Selasa, 10 Juli 2018 / 17:05 WIB
Akhir Mei, piutang mutlifinance sentuh Rp 427,4 triliun
ILUSTRASI. Kredit Kendaraan


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri pembiayaan masih menunjukan pertumbuhan kinerja yang positif hingga lima bulan pertama tahun ini. Hal ini dinilai ikut terdorong oleh sejumlah faktor.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sampai bulan Mei 2018 ini, nilai outstanding pembiayaan berada di angka Rp 427,4 triliun. Bila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu sebesar Rp 401,8 triliun, terjadi kenaikan sebesar 6,3% secara tahunan.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiratno menilai sampai periode menjelang tengah tahun ini, sejumlah faktor masih berhasil mendorong industri pembiayaan. "Diantaranya pertumbuhan ekonomi makro yang masih menunjukan pertumbuhan," kata dia, Selasa (10/7).

Selain itu, kondisi daya beli masyarakat pun dinilai menujukan tren perbaikan. Termasuk di beberapa daerah penghasil komoditas akibat tren positif dari harga komoditas di pasaran. Memang pergerakan harga komoditas selama ini menjadi faktor yang menentukan daya beli di sejumlah daerah.

Faktor lain yang dinilai berpengaruh adalah makin aktifnya perusahaan pembiayaan dalam membuka pasar-pasar yang dinilai masih potensial. Misalnya saja di segmen pembiayaan investasi dan modal kerja ke sektor-sektor prosuktif.

Hingga lima bulan pertama tahun ini sendiri, komposisi piutang pembiayaan multifinance masih didominasi oleh segmen pembiayaan multiguna. Jumlahnya mencapai Rp 252,8 triliun alias setara dengan 59,1% dari total nilai outstanding.

Sementara porsi dari pembiayaan investasi dan modal kerja masing-masing sebanyak Rp 126,2 triliun dan Rp 23,3 triliun. Sedangkan sisa Rp 24,8 triliun lainnya merupakan pembiayaan di segmen syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×