kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akseleran bidik penyaluran pembiayaan di luar Jawa


Selasa, 23 Maret 2021 / 21:47 WIB
Akseleran bidik penyaluran pembiayaan di luar Jawa
ILUSTRASI. Akseleran bidik penyaluran pembiayaan di luar Jawa


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penyelenggara fintech peer to peer lending, PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia, menargetkan memperluas penyaluran pembiayaan di luar Jawa, seperti Kalimantan, Sumatra Utara, dan Nusa Tenggara. 

CEO & Co-Founder Akseleran, Ivan Tambunan, mengatakan bahwa daerah-daerah tersebut memiliki banyak proyek di sektor yang menjadi fokus Akseleran. Sektor-sektor tersebut antara lain energi, oil & gas, dan pertambangan.

“Banyak vendor dan supplier di industri pertambangan, energi dan oil&gas. Kami banyak main di sektor itu,” ungkap Ivan ketika dihubungi Kontan.co.id, Selasa (23/3).

Hingga saat ini, penyaluran pembiayaan Akseleran di luar Jawa baru mencapai 6% dari total pendanaan. 4% diantaranya disalurkan di Kalimantan dengan total nilai sebesar Rp 87,9 miliar. “Total penyaluran sudah Rp 2,2 triliun,” ujar Ivan.

Baca Juga: P2P Lending Menggenjot Pembiayaan UMKM Lewat Kemitraan

Untuk mencapai target tersebut, Ivan mengungkapkan untuk melakukan kolaborasi dengan beberapa perusahaan yang memiliki vendor di luar Jawa. “Kolaborasi dengan anchor corporate untuk direfer dengan supplier dan vendornya di daerah-daerah,” jelas Ivan.

Meskipun pendanaan di luar Jawa minim, Ivan menilai bahwa pendanaan Akseleran saat ini sebenarnya banyak digunakan untuk proyek-proyek di luar Jawa. Hanya saja, beberapa peminjam berkantor di pulau Jawa.

“Satu hal yang menarik, sebenarnya penyaluran kami untuk luar jawa akan jauh lebih besar bila melihat lokasi proyek yang didanai rather than lokasi kantor debiturnya,” pungkas Ivan.

Selanjutnya: Lindungi konsumen, fintech klaster credit scoring mulai terapkan kode etik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×