kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri gandeng BPJS Ketenagakerjaan siapkan perlindungan bagi debitur KUR


Minggu, 15 Maret 2020 / 18:41 WIB
Bank Mandiri gandeng BPJS Ketenagakerjaan siapkan perlindungan bagi debitur KUR
ILUSTRASI. Petugas teller melayanai nasabah di kantor cabangi./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/11/03/2020.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk terus meningkatkan dukungan kepada pelaku UMKM di Tanah Air. Kali ini, perusahaan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan menyiapkan asuransi perlindungan melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) bagi debitur KUR Bank Mandiri, terutama pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) seperti wirausahawan, seniman, maupun pekerja informal lainnya.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Donsuwan Simatupang menjelaskan, melalui program ini, perseroan membayarkan iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk periode tiga bulan, yang meliputi jaminan sosial perlindungan kecelakaan kerja dan perlindungan kematian. Pada 2019, Bank Mandiri menyalurkan Rp5 miliar untuk membiayai program GN Lingkaran bagi 99.207 debitur KUR ritel perseroan.

Baca Juga: Bank Mandiri: Dana tax amnesty masih betah diparkir

“Dukungan perseroan pada program GN Lingkaran ini sejalan dengan amanat UU No.40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Saya sepakat bahwa seluruh nasabah KUR harus mendapatkan perlindungan ketenagakerjaan, karena sebagian besar penyebab kredit bermasalah untuk segmen KUR adalah karena nasabah KUR mengalami sakit atau kecelakaan kerja, sehingga selanjutnya tidak mampu menjalankan bisnis dengan baik,” kata Donsuwan dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Minggu (15/3).

Bank Mandiri sendiri pada tahun lalu menyalurkan KUR sebesar Rp 25 triliun kepada lebih dari 310.000 debitur di mana nasabah KUR termasuk dalam kelompok pekerja BPU. Adapun tahun ini, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR Rp 4,66 triliun pada dua bulan pertama 2020, atau 15,5% dari target tahun ini yang sebesar Rp 30 triliun.

Donsuwan menambahkan, kerjasama pemberian donasi program GN Lingkaran tersebut juga diharapkan dapat membantu BPJS Ketenagakerjaan memberikan layanan perlindungan yang optimal kepada para pekerja informal di Tanah Air.

“Dukungan lain kepada BPJS Ketenagakerjaan juga telah kami lakukan melalui program BPJS Ketenagakerjaan Service Payment Office (BKSPO) sejak tahun 2015, di mana program ini memberikan layanan sosialisasi, pendaftaran kepesertaan, dan pengajuan klaim jaminan sosial ketenagakerjaan. Saya ikut mendorong para nasabah KUR Mandiri supaya setelah ini dapat mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS Ketenagakerkaan,” katanya.

Baca Juga: Imbas corona, triliunan dana asing menguap dari pasar saham Indonesia




TERBARU

[X]
×