kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Mandiri sebut kebijakan baru BI bisa memperkuat likuiditas di pasar


Selasa, 03 Maret 2020 / 20:33 WIB
Bank Mandiri sebut kebijakan baru BI bisa memperkuat likuiditas di pasar
ILUSTRASI. Petugas melayani nasabah di banking hall KCP Bank Mandiri Bendungan Hilir, Jakarta, Jumat (3/1). Akibat banjir yang terjadi di sebagian wilayah Jabodetabek pada 2 Januari 2020 kemarin, Bank Mandiri sempat mengalihkan operasional beberapa cabang yang terda


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berkaca pada kondisi ekonomi yang semakin ketat saat ini, Bank Indonesia (BI) selaku pemangku kebijakan makroprudensial pun telah mengeluarkan lima kebijakan baru. Hal tersebut merupakan jurus BI dalam memitigasi perlambatan ekonomi akibat penyebaran virus corona.

Adapun, yang menjadi sorotan antara lain stimulus penurunan giro wajib minimum (GWM) valuta asing (valas) Bank Umum Konvensional dan Syariah dari semula 8% menjadi 4%. Serta penurunan GWM Rupiah sebesar 50 bps kepada bank-bank yang melakukan kegiatan ekspor impor.

Baca Juga: Bank nikmati kelonggaran GWM valas

Salah satu pelaku pasar yakni PT Bank Mandiri Tbk pun menyambut baik kebijakan baru BI. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, pihaknya pun juga telah melakukan pemantauan intensif terhadap kondisi debitur khususnya yang bergerak di sektor usaha yang terdampak. Semisal, sektor komoditas, pariwisata dan transportasi udara.

"Kami juga melakukan mitigasi risiko melalui pelaksanaan stress test untuk mengukur besarnya dampak CoVid-19 terhadap kemampuan bayar debitur," kata Rohan dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (3/3).

Bank berlogo pite emas ini juga berharap dengan adanya penurunan GWM bagi eksportir dan importir bisa menambah likuiditas valas maupun rupiah.

"Diharapkan dengan adanya kebijakan tersebut, nilai tukar rupiah dapat terjaga dan Bank Mandiri dapat memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ekspor dan impor nasabah," sambungnya.

Baca Juga: Hadapi Korona, BI Intervensi Pasar Hingga Longgarkan Likuiditas Perbankan




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×