kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank siap menyambut standar QR code


Kamis, 09 Agustus 2018 / 06:07 WIB
Bank siap menyambut standar QR code
ILUSTRASI. Pasar Rakyat dan UMKM Go Digital


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) masih menggodok standardisasi aturan QR code untuk interkoneksi dan interoperabilitas teknologi ini. Meskipun saat ini sudah ada beberapa pihak yang menggunakan QR code namun mereka memiliki teknologi masing-masing dan tidak ada interkoneksi teknologi jika digunakan bersama-sama.

Pungky Purnomo Wibowo, Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) BI mengatakan, saat ini regulator sedang menyelesaikan finalisasi standar QR code. "Dalam waktu dekat akan kami keluarkan," ujarnya, Rabu (8/8).

Sembari menunggu regulasi standardisasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), beberapa bank sudah mempersiapkan teknologi QR code. Indra Utoyo, Direktur TI Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengatakan, BRI sudah mengeluarkan produk QR code yaitu MyQR. "Saat ini sudah dapatkan izin implementasi QR payment," kata Indra, Senin (6/8).

BRI sudah berhasil mengikuti production test run QR payment standar GPN yang di inisiasi oleh BI. Standardisasi ini baik sebagai acquirer maupun issuer.

Dadang Setiabudi, Direktur Teknologi Bank Negara Indonesia (BNI) mengatakan, saat ini regulator sudah mensosialisasikan standardisasi QR code. "Implementasi QR code standar ini akan menjadi katalisator percepatan implementasi cara bayar digital kepada pengusaha mikro maupun kecil," kata Dadang, Senin (6/8).

Budi Satria, Direktur Konsumer BTN, menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mengembangkan teknologi QR code dengan sinergi bersama Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) lain. "Ini untuk memperluas jaringan merchant yang bekerjasama," kata Budi.

Saat ini bank spesialis kredit pemilikan rumah (KPR) ini masih menantikan persetujuan perizinan baik dari OJK dan BI untuk implementasi teknologi QR code.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×