kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Batasan Modal Minimum Disetor Naik Lagi


Senin, 25 Januari 2010 / 10:43 WIB


Reporter: Roy Franedya | Editor: Johana K.

JAKARTA. Batas modal ventura akan meningkat. Draf terbaru Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang modal ventura menyatakan, batasan modal minimum perusahaan modal ventura akan naik berkisar antara Rp 2 miliar hingga Rp 5 miliar.

Sekadar catatan, dalam draf sebelumnya, jenis perusahaan modal ventura patungan (joint venture) wajib memiliki modal disetor minimum Rp 10 miliar. Modal jenis swasta nasional Rp 5 miliar dan koperasi Rp 3 miliar.

Yang terbaru, perusahaan modal ventura join venture minimal menyetor modal senilai Rp 15 miliar. Kemudian, modal minimal perusahaan ventura swasta nasional Rp 10 miliar dan koperasi berbadan hukum Rp 5 miliar. Oh ya, seperti draf terdahulu, kepemilikan asing di perusahaan modal ventura tetap dibatasi, maksimal hingga 85%.

M. Ihsanuddin, Kepala Biro Pembiayaan dan Penjaminan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), mengatakan, kenaikan modal minimum ini untuk menunjukkan komitmen perusahaan dalam menjalankan usaha. "Dengan pemenuhan modal, mereka akan lebih serius menjalankan bisnis," ujarnya, pekan lalu.

Ihsanuddin bilang, modal minimum yang terbaru ini merupakan jalan tengah yang diambil regulator setelah berdiskusi hampir setahun dengan Asosiasi Modal Ventura. "Jika terlalu tinggi modalnya, bisa dipastikan setengah perusahaan modal ventura akan tutup," ujarnya.

Namun, Ihsanuddin belum memastikan waktu penerbitan PMK ini karena belum ada pembahasan bersama dengan Ketua Bapepam-LK. "Setelah pembahasan, baru diserahkan kepada menteri keuangan," tutur Ihsanunddin.

Ketua Asosiasi Modal Ventura Indonesia (AMVI) Hesty Purwati, mengatakan bahwa pihaknya setuju mengenai kenaikan modal perusahaan modal ventura. "Supaya perusahaan modal ventura nantinya bisa berjalan dengan baik dan profesional," ujarnya, Minggu (24/1).

Sekadar mengingatkan, modal ventura adalah perusahaan yang memberi dukungan finansial terhadap jenis usaha, seperti usaha kecil dan menengah (UKM). Mereka bisa menawarkan diri menjadi mitra dengan melakukan penyertaan modal berupa saham, obligasi konversi atau bisa juga lewat pembiayaan berdasarkan bagi hasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×