kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara kirim dan ambil uang via BNI Wesel PIN


Rabu, 03 Juli 2013 / 16:37 WIB
Begini cara kirim dan ambil uang via BNI Wesel PIN
ILUSTRASI. Makanan yang bisa merusak kulit


Reporter: Dea Chadiza Syafina | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menggandeng PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) untuk menyediakan layanan pengiriman uang atau remitansi BNI Wesel PIN melalui gerai minimarket Alfamart.

Kerjasama layanan pengiriman uang BNI Wesel PIN itu dirilis menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, dimana tenaga kerja Indonesia di luar negeri gemar melakukan pengiriman uang ke dalam negeri.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan jasa BNI Wesel Pin ini di gerai Alfamart?  Berikut mekanisme BNI Wesel PIN, yang merupakan produk dari Remittance Ltd, atau anak usaha BNI untuk layanan transaksi uang dari luar negeri atau sebaliknya:

1. Pengirim dari luar negeri bisa melakukan penyetoran uang sebagaimana layaknya menabung di kantor cabang BNI yang berada di negara tempat mereka bekerja

2. Pengirim akan mendapatkan kode PIN (Personal Identification Number) atau Nomor Identifikasi Pribadi khusus, yang hanya diketahui oleh pribadi pengirim

3. Setelah mendapat kode PIN dari Bank BNI tempat pengirim, maka PIN harus dikonfirmasikan kepada penerima agar dapat melakukan pengambilan di toko Alfamart terdekat.

4. Penerima harus membawa fotocopy identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kode PIN yang telah dikonfirmasi oleh pengirim.

5. Penerima dapat menarik dana di layanan pengiriman uang BNI Wesel PIN

General Manager International BNI, Abdullah Firman Wibodo, mengatakan, mekanisme layanan pengiriman uang BNI Wesel PIN sangat mudah dan aman, lantaran ada kerahasiaan data dari pengirim.

Sebab, dana kiriman tidak bisa diambil oleh sembarang pihak yang tidak terkonfirmasi.  Selain itu, pengambilan uang juga bisa dilakukan di hari libur tanpa terbatas hari kerja seperti di lembaga keuangan perbankan.

"BNI Wesel PIN bisa diambil pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu, karena gerai Alfamart buka pada hari itu," terang Firman di Jakarta, Rabu (3/7).

Perlu diketahui, cerug pasar layanan remitansi cukup besar. Menurut data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), 60% dari 4 juta tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri belum memiliki rekening bank. TKI inilah yang akan menjadi pangsa pasar produk remitansi BNI ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×