kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berprospek stabil, Taspen kantongi peringkat triple A dari Pefindo


Selasa, 20 Oktober 2020 / 16:46 WIB
Berprospek stabil, Taspen kantongi peringkat triple A dari Pefindo
ILUSTRASI. Taspen siapkan protokol COVID-19 menyambut the new normal akibat corona.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAAA atau triple A kepada PT TASPEN (Persero) atau Taspen dengan prospek stabil. 

Pefindo menyebut, perusahaan asuransi dengan peringkat idAAA memiliki karakteristik keamanan keuangan yang superior dibandingkan perusahaan lain di Indonesia. "idAAA adalah peringkat tertinggi atas kekuatan keuangan perusahaan asuransi yang diberikan," kata pihak Pefindo dalam keterangan resmi, Senin (20/10). 

Peringkat tersebut mencerminkan, peran perusahaan sebagai penyedia jasa asuransi kepada PNS di Indonesia. Dari sisi profil bisnis sangat kuat dan posisi likuiditas juga memadai. 

Baca Juga: 224 Korporasi setujui restrukturisasi polis Jiwasraya

Namun peringkat tersebut dibatasi oleh kinerja operasional yang moderat serta permodalan dan cadangan yang moderat.Peringkat dapat diturunkan jika ada bukti material atas berkurangnya dukungan dari pemerintah. 

Tekanan tersebut dapat terjadi jika peran Taspen untuk memberikan jasa tabungan hari tua dan program pensiun kepada PNS di Indonesia berkurang secara signifikan. Pefindo memperkirakan, dampak Covid-19 terhadap profil risiko Taspen cenderung minim. 

"Pandemi Covid-19 tidak akan berpotensi pada penurunan produksi premi karena layanan yang diberikan Taspen bersifat wajib, dan tidak ada rencana pengurangan gaji PNS," jelas Pefindo. 

Hal ini mengimbangi kekhawatiran atas potensi produksi premi yang lebih rendah yang berasal anak perusahaan karena menurunnya bisnis di tengah pandemi, serta volatilitas pasar modal yang dapat mempengaruhi kinerja portofolio investasi Taspen.

Baca Juga: Begini nasib industri perbankan di saat pandemi virus corona (Covid-19)

Taspen merupakan satu-satunya penyedia jasa Tabungan Hari Tua (THT), program pensiun, serta Jaminan Kematian (JKM) serta Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada PNS di Indonesia, meliputi pemerintah pusat, pemerintah daerah, hakim, pejabat negara, perwira militer (pensiunan sebelum 1989), dan veteran perang. 

Perusahaan beroperasi melalui kantor pusat, enam kantor cabang utama, dan 51 kantor cabang, bekerjasama dengan 46 bank dan lembaga lain sebagai mitra bayar dan didukung oleh 1.645 karyawan per Juni 2020. Taspen sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia. 

Selanjutnya: Ada pandemi Covid-19, sektor insurtech tumbuh pesat di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×