: WIB    —   
indikator  I  

BI sebabkan harga SUN turun?

BI sebabkan harga SUN turun?

JAKARTA. Kepala Analisis Fixed Income Mandiri Sekuritas Handy Yunianto mengungkapkan, ada dua faktor yang menyebabkan harga SUN turun dalam beberapa waktu terakhir. Pertama, arus dana asing menurun. Kedua, Bank Indonesia tidak melakukan intervensi yang agresif di pasar sekunder.

Kedua faktor tersebut tak lepas dari ekspektasi inflasi tahun ini yang cenderung akan lebih tinggi dibandingkan 2011. Mengenai kurangnya intervensi BI, Handy menilai, hal tersebut agar yield jangka panjang sesuai dengan fair value yang diinginkan. Selain itu, BI melihat ada perbedaan pola keluarnya asing dari pasar obligasi.

"Tahun 2011, asing keluar langsung dalam jumlah besar. Tahun ini mereka keluarnya secara bertahap. Jadi, intervensi BI di pasar sekunder tidak cukup signifikan," jelas Handy, Rabu (23/5).

Ia menambahkan, ke depan, yield SUN tidak akan mengalami peningkatan signifikan. Kalaupun investor asing keluar, tidak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang investor lokal masih mengoleksi SUN, baik itu dari perbankan, asuransi, maupun dana pensiun.


Reporter Astri Kharina Bangun
Editor Barratut Taqiyyah

HARGA SUN

Feedback   ↑ x
Close [X]