kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI yakin Indonesia bisa menahan gejolak eksternal


Sabtu, 29 April 2017 / 17:24 WIB
BI yakin Indonesia bisa menahan gejolak eksternal


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Sedia payung sebelum hujan. Itulah yang dilakukan bank sentral untuk menghadapi gejolak perekonomian dunia. Bank Indonesia (BI) optimistis bahwa Indonesia memiliki kemampuan menghadapi gejolak eksternal. Sebab, Indonesia punya banyak lapisan bantalan apabila mengalami kesulitan likuiditas.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, bantalan likuiditas yang tersedia salah satunya berasal dari regional Asean, yaitu Chiang Mai Initiative Multilateralitation (CMIM) di mana dalam CMIM Indonesia memiliki jatah sebesar US$ 22,76 miliar dari total likuiditas yang tersedia dalam CMIM yang mencapai US$ 240 miliar.

“Ini bisa mendukung kami dan mendorong kami untuk moving forward,” kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (28/4).

Asal tahu saja, CMIM adalah kerja sama keuangan antarmenteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara di Asia Tenggara ditambah Jepang, China dan Korea Selatan.

Adapun menurut dia, Indonesia telah memiliki fondasi yang kuat untuk menghadapi kesulitan di tengah dinamika ekonomi dunia. Hal ini dibuktikan dengan cadangan devisa (cadev) Indonesia yang sudah mencapai US$ 121,8 miliar pada akhir Maret 2017 atau mendekati rekor Agustus 2011 silam. Dengan cadev yang tinggi, menurut Perry itu juga adalah bagian dari bantalan domestik atau domestic buffer.

BI juga mencatat sejak awal tahun hingga 21 April kemarin dana yang masuk ke Tanah Air sebesar Rp 96 triliun dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp 76 triliun.

Sebelumnya, Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan bahwa perekonomian Indonesia pada kuartal I-2017 ini dalam kondisi normal. Hal ini ditopang oleh sentimen positif terkait optimisme atas prospek perekonomian domestik yang ditopang dengan stabilitas makro ekonomi yang solid, termasuk peningkatan posisi cadev.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×