kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BRI garap potensi nasabah di Kepulauan


Sabtu, 25 Februari 2017 / 09:05 WIB
BRI garap potensi nasabah di Kepulauan


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

AMBON. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) terus memperbesar jumlah nasabah dan layanan, dengan menyasar masyarakat kepulauan kecil. Langkah ini ditempuh lewat pembukaan kantor layanan di atas kapal (Teras Kapal).

BRI kini punya tiga kapal operasional dengan daerah operasi yang berbeda. Bahtera Seva I misalnya, beroperasi sejak tahun 2015 yang melayani masyarakat di enam pulau, di Kepulauan Seribu.

Sedangkan, Bahtera Seva II di Laboan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) melayani masyarakat di 11 pulau di kawasan tersebut. Adapun Bahtera Seva III beroperasi enam bulan lalu di sembilan pulau kawasan Halmahera Selatan.

Asmawi Syam, Direktur Utama BRI bilang, penggunaan kapal memudahkan BRI menjangkau masyarakat kepulauan. "Ini ditunjang satelit yang kami punya. Kalau punya kapal tidak punya satelit, sulit juga kami beroperasi," kata Asmawi, kemarin.

Hal ini, kata Asmawi, wujud kepedulian BRI, meski investasinya tak sedikit. Pengadaan Bahtera Seva I dan II menelan anggaran masing-masing Rp 14 miliar dan Rp 18 miliar.

Sementara Bahtera Seva III adalah kapal sewaan, senilai Rp 8 miliar per 1,5 tahun. Jika ditambah biaya operasional Rp 800 juta per bulan, total biaya operasional bulanan Seva III sebesar Rp 1,5 miliar.

Sebagai tambahan, Bahtera Seva III lebih besar, dengan jarak tempuh hingga 600 mil, lebih besar dari kapal Bahtera Seva I yang punya jarak tempuh 300 mil.

Meski dari nilai transaksi belum besar, namun potensi Teras Kapal BRI cukup baik. Bahtera Seva III yang baru beroperasi enam bulan, bisa menyalurkan kredit Rp 7,9 miliar dari 416 rekening, atau setara Rp 19,1 juta per nasabah.

Adapun simpanan yang masuk sebesar Rp 5,88 miliar dari 625 rekening. Bila dirata-rata, jumlah simpanan per nasabah Bahtera Seva III mencapai Rp 9,4 juta, atau lebih tinggi dari rata-rata simpanan di BRI secara nasional, yang sebesar Rp 4,3 juta.

Sementara total nasabah Seva I mencapai 2.219 orang dengan jumlah simpanan Rp 10,7 miliar. Rerata jumlah simpanan Rp 4,8 juta. Dari sisi kredit, nasabah Seva I mencetak rata-rata pinjaman Rp 22,1 juta, atas total kredit Rp 11,5 miliar dari 520 debitur.

Adapun rerata pinjaman dan simpanan nasabah di Seva II masing-masing sebesar Rp 12,4 juta dan Rp 1,94 juta.

Asmawi menambahkan, BRI juga memberi layanan berupa rumah kreatif bagi 52 pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Seva III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×