: WIB    —   
indikator  I  

Dana pensiun kantongi hasil investasi Rp 15 T

Dana pensiun kantongi hasil investasi Rp 15 T

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri dana pensiun masih mengantongi pertumbuhan hasil usaha investasi di tahun ini. Hal ini diantaranya didorong oleh pertumbuhan pasar modal yang positif di paruh kedua tahun ini.

Berdasarkan dana Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sampai bulan Oktober kemarin industri dana pensiun mengantongi hasil usaha investasi sebesar Rp 15,1 triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan setinggi 21,7% secara year on year.

Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Dana Pensiun Indonsia (ADPI) Bambang Sri Muljadi, pertumbuhan hasil usaha investasi ini diantarnya terdorong oleh kenaikan dana kelolaan yang dimiliki indsutri.

Selain itu, faktor pertumbuhan pasar modal juga ikut mendorong kinerja dana pensiun. "Jadi ada juga dana pensiun yang melakukan trading dengan menjual beberapa saham yang nilainya sudah tinggi," ungkapnya.

Kondisi ini tentunya ikut membantu industri dana pensiun. Pasalnya beberapa instrumen lain cenderung mencatatkan tren penurunan suku bunga seperti di deposito.

Hasil usaha investasi terbesar sendiri didapat oleh ana pensiun pemberi kerja yang menjalankan program pensiun manfaat pasti alias DPPK-PPMP yakni sebesar Rp 9,6 triliun. Sementara hasil usaha investasi dari dana pensiun pemberi kerja dengan skema iuran pasti mencapai Rp 1,75 triliun sampai bulan Oktober.

Di sisi lain, dana pensiun lembaga keuangan alias DPLK mengantongi hasil usaha investasi sebesar Rp 3,65 triliun.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Sanny Cicilia

DANA PENSIUN

Feedback   ↑ x