kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Deposito CIMB Niaga turun, tetapi tabungan naik tinggi


Rabu, 01 Juli 2020 / 19:08 WIB
Deposito CIMB Niaga turun, tetapi tabungan naik tinggi
ILUSTRASI. Kantor cabang Bank CIMB Niaga. CIMB Niaga saat ini konsisten lebih fokus menghimpun dana murah dibandingkan deposito


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah bank mencatatkan penurunan penempatan dana pada deposito sejalan dengan penurunan suku bunga. Meski begitu, bank menilai hal itu tidak jadi kendala karena memang tengah mendorong peningkatan dana murah alias current account and saving account (CASA) guna menekan biaya dana.

Apalagi kondisi permintaan kredit saat ini juga masih lesu sehingga tidak ada alasan bagi bank untuk gencar mencari dana maha. Salah satu, bank yang mencatat penurunan deposito adalah PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Lani Darmawan, Direktur Konsumer CIMB mengatakan, CIMB Niaga saat ini konsisten lebih fokus menghimpun dana murah dibandingkan deposito sehingga produk kredit perseroan bisa lebih kompetitif. "Deposito kami menurun sedikit dari akhir tahun, tetapi CASA tercatat tumbuh, terutama tabungan yang meningkat sekitar 16%," katanya pada Kontan.co.id, Rabu (1/7).

Baca Juga: Internet banking CIMB Niaga bertransformasi jadi OCTO Clicks

Komposisi Dana Pihak Ketiga (DPK) CIMB saat ini didominasi CASA dengan porsi mencapai sekitar 61%. Adapun bunga deposito CIMB saat ini bervariasi tergantung jumlah, relationship, dan lain-lain. Namun, untuk ritel lewat aplikasi OctoMobile dikenakan bunga sekitar 5,25% untuk tenor satu bulan.

Dengan tren penurunan bunga deposito, bukan berarti nasabah CIMB kemudian lari. Lani bilang, nasabah tetap memiliki pilihan untuk melakukan investasi pada layanan lainnya seperti obligasi ritel, reksadana, dan lain-lain.

Ke depan, CIMB Niaga masih akan fokus mendorong CASA terutama tabungan. Strateginya, perseroan akan memperbanyak customer experience yang baik dan mendorong kemampuan digital di atas rata-rata pasar, salah satunya dengan pengembangan OctoMobile dan OctoClicks. "Dengan begitu, nasabah merasa leluasa mengakses portofolionya dengan cepat dimana dan kapan saja," kata Lani.

Saat ini, layanan OctoMobile bisa melayani berbagai kebutuhan termasuk investasi reksadana dan yang lainnya. Dengan layanan ini, Lani berharap nasabah akan semakin nyaman menaruh dana murah di CIMB.

Baca Juga: Siap lakukan restrukturisasi, begini likuiditas Bank CIMB Niaga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×