kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dompet digital DANA catat kenaikan transaksi 36% saat Ramadan dan Lebaran 2019


Minggu, 16 Juni 2019 / 16:50 WIB
Dompet digital DANA catat kenaikan transaksi 36% saat Ramadan dan Lebaran 2019


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dompet digital DANA mencatatkan lonjakan transaksi selama periode Ramadan dan Lebaran 2019. Chrisma Albandjar, Chief Communication Officer DANA menyebut lonjakan transaksi mencapi 36% dibandingkan bulan biasa.

"Peningkatan ini selaras dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat di bulan tersebut dari kebutuhan primer sehari-hari, kebutuhan-kebutuhan khusus seperti pembayaran zakat, peningkatan kebutuhan ibadah dan amal sosial seperti sodaqoh, infaq serta donasi sosial lainnya, hingga transfer uang ke keluarga atau kerabat untuk kebutuhan rutin di bulan Ramadan atau persiapan merayakan Hari Raya Idul Fitri," ujar Chrisma kepada Kontan.co.id pada Sabtu (16/6).

Selain itu, kinerja sama Ramadan dan Lebaran didominasi oleh transaksi belanja online, pembelian pulsa, F&B (food & beverage), pembayaran tagihan, pembelian tiket nonton, transaksi di Jakarta Fair Kemayoran 2019, dan belanja fesyen.

Chrisma bilang, peningkatan transaksi yang cukup signifikan menunjukkan bahwa masyarakat mulai nyaman dan bisa merasakan beragam manfaat dalam melakukan transaksi digital, termasuk untuk membeli produk-produk makanan dan minuman, hingga fesyen untuk keperluan Lebaran. Ia optimistis teknologi DANA yang aman serta memudahkan masyarakat dalam bertransaksi secara digital nontunai dan nonkartu, DANA bisa menjadi enabler aktivitas ekonomi masyarakat sehari-hari.

Yang menarik, pemanfaatan DANA sebagai dompet digital Indonesia juga makin beragam. DANA sudah digunakan untuk mendukung aktivitas dan kebutuhan rutin masyarakat yang sebelumnya tidak terpapar budaya nontunai digital, seperti membayar kewajiban zakat atau berdonasi juga bisa diakselerasi oleh DANA. Kerja sama DANA dengan Dompet Dhuafa dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menjadikan aktivitas filantropi makin mudah terealisasi, tanpa terbatas jarak dan waktu.

"Transfer uang ke kerabat di tempat yang berjauhan juga mulai banyak dilakukan dengan menggunakan DANA. Kami berharap, tren positif ini terus meningkat di masa-masa mendatang," jelas Chrisma.

Ia mengaku dari sisi pelaku usaha, DANA terus memperluas kerja sama dengan mitra penjual pada Ramadan dan Lebaran tahun ini. Ia bilang makin banyak tempat belanja modern yang mempercayakan infrastruktur transaksi pembayaran digital mereka kepada DANA. Selain itu, para pelaku UMKM pun sudah mulai merasakan manfaat transaksi nontunai digital dengan DANA. Contohnya, para pedagang di pasar tradisional di Sleman Yogyakarta, tempat wisata Puri Mataram Yogyakarta, serta pelaku niaga dan pedagang kerak telor di Jakarta Fair Kemayoran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×