: WIB    —   
indikator  I  

Eximbank mendorong pembiayaan UKM eksportir

Eximbank mendorong pembiayaan UKM eksportir

KONTAN.CO.ID - BATAM. Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) alias Indonesia Eximbank menargetkan lebih banyak lagi menggenjot penyaluran pembiayaan ke segmen usaha kecil menengah berorientasi ekspor alias UKME. Salah satunya lewat optimalisasi produk jasa konsultasi yang dimiliki.

Direktur Eksekutif Eximbank Shintya Roesly menyebut, di tahun depan, pihaknya akan lebih mengoptimalkan jasa konsultasi untuk mendorong kontribusi pembiayaan dari segmen UKME. Di mana dengan jasa konsultasi ini diharapkan bakal mendorong jumlah UKME yang berstatus sebagai eksportir baru.

"Dengan begitu kontribusinya pun bisa ditingkatkan," kata dia, Kamis (7/11).

Salah satu program dari produk jasa konsultasi ini adalah Coaching Program for Ner Exporters (CPNE). Isinya antara lain pelatihan mulai dari produksi, pemasaran, hingga pengelolaan keuangan bagai kalangan UKM untuk naik level jadi eksportir.

Lewat upaya ini, diharapkan porsi pembiayaan ke segmen ini diharapkan bisa terkerek menjadi diatas 15% di tahun 2018 nanti. Sementara pada saat ini, Shintya bilang porsi pembiayaan ke segmen ini baru berada di kisaran 13%.

Meski masih minoritas, segmen ini diklaim mencatatkan kinerja yang apik dengan mencatatkan pertumbuhan di kisaran 40%.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Sanny Cicilia

INDUSTRI PEMBIAYAAN

Feedback   ↑ x