kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga saham rekor, BTN genjot kredit daerah


Kamis, 31 Agustus 2017 / 16:57 WIB
Harga saham rekor, BTN genjot kredit daerah


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) kembali menggenjot penyaluran kredit di daerah agar kinerja bisnis perseroan semakin positif. Managing Director Strategy, Compliance, & Risk Bank BTN R. Mahelan Prabantarikso mengatakan, harga saham BTN terus melaju sejalan dengan capaian kinerja bisnis yang positif.

Kamis (31/8), emiten berkode saham BBTN ini mencatatkan rekor penutupan saham tertinggi di level Rp 3.010. Capaian harga saham tersebut tercatat tumbuh 52% year on year (yoy) atau 69% year to date (ytd).

Untuk melanjutkan pergerakan positif saham tersebut, Mahelan mengungkapkan pihaknya akan terus menggenjot bisnis Bank BTN di daerah. Apalagi, potensi bisnis properti di daerah masih tinggi. 

“Tahun ini kami optimistis kredit akan tumbuh sekitar 21%-23%,” jelas Mahelan dalam rilis yang diterima KONTAN, Rabu (30/8). Untuk mencapai target tersebut, BTN akan memaksimalkan penyaluran kredit di daerah.

Salah satu daerah yang potensial yakni Jawa Timur (Jatim). Mahelan mengungkapkan, per akhir tahun lalu, pihaknya telah mencatatkan diri sebagai pemimpin pasar KPR di Jatim dengan pangsa 54%. Kendati telah mencatatkan diri sebagai pemimpin pasar, Mahelan berujar pihaknya akan tetap gencar menyalurkan KPR di Jatim, mengingat permintaan hunian di provinsi tersebut yang masih tinggi.

Menurut Mahelan, hasil riset Bank BTN menunjukkan permintaan akan hunian di Jatim mencapai sekitar lebih dari 230.000 unit pada 2017. Namun, pasokan rumah di wilayah ini baru mencapai sekitar 7% dari permintaan atau setara lebih dari 15.000 unit rumah.

Emiten bersandi saham BBTN ini membidik dapat menyalurkan KPR untuk lebih dari 18.000 unit rumah atau melebihi pasokan unit rumah yang ada untuk tahun ini. “Kami tetap optimistis mencapai target, kendati posisi target berada di atas pasokan hunian yang ada. Untuk itu tahun ini Bank BTN akan gencar bermitra dengan REI dan APERSI dalam meningkatkan pasokan unit hunian bagi masyarakat di Jawa Timur,” kata Mahelan.

Sejak 2015, tambah Mahelan, pertumbuhan realisasi KPR Bank BTN di Jatim memang terus menunjukkan pertumbuhan positif. Di segmen KPR non-subsidi, realisasi KPR non-subsidi Bank BTN naik di level 18,38% secara tahunan (year-on-year/yoy) per akhir tahun lalu. Realisasi di segmen KPR Subsidi pun melaju lebih tinggi sebesar 69,22% yoy per akhir tahun lalu.

Hingga Juni 2017, Bank BTN telah menyalurkan KPR untuk sekitar 7.500 unit rumah di Jatim. Untuk KPR non-subsidi, Bank BTN telah menyalurkan kredit untuk sekitar 3.550 unit rumah atau setara Rp 1,07 triliun. 

Pada segmen ini, kota-kota besar seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Malang masih mendominasi penyaluran KPR non-subsidi terbanyak. Kemudian, pada segmen KPR Subsidi, Bank BTN telah menyalurkan pinjaman untuk pemilikan hampir 3.950 unit rumah atau senilai Rp 414 miliar. Untuk jenis KPR ini, kota-kota berkembang seperti Jember, Malang, dan Gresik tercatat sebagai wilayah dengan penyaluran kredit terbanyak. 

Adapun, data Bank Indonesia (BI) juga menunjukkan permintaan hunian di Surabaya memang masih tinggi hingga mengerek naik harga rumah di wilayah tersebut. Data bank sentral merekam, per Juni 2017, Surabaya mencatatkan kenaikan harga rumah tertinggi di Indonesia atau sebesar 7,75% yoy. “Peningkatan sejalan dengan tingginya permintaan terhadap rumah hunian di wilayah tersebut,” tulis bank sentral.

Secara keseluruhan, Bank BTN terus mencatatkan kinerja positif sepanjang semester pertama tahun ini. Chief Credit Officer Bank BTN Nixon Napitupulu mengatakan, pada semester I/2017, Bank BTN telah menyalurkan kredit dan pembiayaan senilai Rp 177,4 triliun atau naik 18,81% secara tahunan (yoy) dari Rp 149,31 triliun di periode yang sama tahun sebelumnya. 

Di sisi lain, pada kuartal II/2017, Bank BTN pun telah menghimpun Dana Pihak Ketiga (DPK) senilai Rp 159,12 triliun atau naik 18,26% yoy dari posisi Rp 134,55 triliun. Nixon menuturkan kinerja penyaluran kredit dan penghimpunan simpanan tersebut pun turut menyumbang peningkatan laba bersih BBTN. 

Per Juni 2017, laba bersih bank yang berfokus di sektor perumahan ini melaju sesuai target di level 21,95% yoy menjadi Rp 1,27 triliun atau naik dari Rp 1,04 triliun di bulan yang sama tahun lalu. Catatan pertumbuhan kredit juga mengerek naik posisi aset Bank BTN menjadi senilai Rp 224,06 triliun pada Juni 2017 atau tumbuh 18,23% yoy dari Rp 189,51 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×