: WIB    —   
indikator  I  

Holding BUMN keuangan, ini keuntungannya

Holding BUMN keuangan, ini keuntungannya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu anggota himpunan bank milik negara (Himbara) yakni PT Bank Mandiri Tbk mengatakan holding BUMN keuangan akan terealisasi pada kuartal I 2018 mendatang.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengungkap sampai saat ini Mandiri bersama dengan Himbara tengah melakukan persiapan dokumen legal terkait holding.

"Kalau kita lihat persisnya bersama Himbara sedang menyiapkan legal documentnya, tapi secara konsep tugas direkturnya sudah ada," ujarnya di Jakarta, Selasa (24/10).

Lebih lanjut, Kartika menilai jika nantinya holding terealisasi tentu akan lebih memudahkan BUMN keuangan khususnya dari sisi modal.

Ia mencontohkan, jika Bank Mandiri punya rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) yang besar, maka memungkinkan jika dividen payout ratio Bank Mandiri sebagiannya akan di-inject untuk ke bank Himbara lain.

"Jadi opsi injeksi modalnya lebih optimal, tidak harus melalui PMN (Penanaman Modal Negara) atau APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara)," katanya.

Pasalnya, untuk kasus Bank Mandiri saja dilihat dari posisi modal saat ini masih sangat cukup untuk ekspansi bisnis lima tahun ke depan.

Pun, selain dari sisi permodalan, jika holding keuangan rampung maka akan mempererat sinergi antar bank BUMN.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Yudho Winarto

HOLDING BANK

Feedback   ↑ x