kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indika akan Menerbitkan Surat Utang US$ 230 Juta


Kamis, 22 Oktober 2009 / 06:50 WIB


Sumber: KONTAN | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) masih membutuhkan dana besar. Emiten produsen batubara ini akan menerbitkan obligasi senilai hingga US$ 230 juta.

INDY akan menerbitkan obligasi ini lewat anak usahanya, Indo Integrated Energy II BV. Menurut sumber Bloomberg yang mengetahui transaksi ini, INDY menunjuk Citigroup untuk mengatur penjualan obligasi berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS) ini kepada calon investor.

Obligasi ini kelak mendapat jaminan INDY dan Indika Inti Corpindo. Belum jelas rencana penggunaan dana hasil penerbitan obligasi ini.

Manajemen INDY juga belum bisa dimintai konfirmasi soal rencana penerbitan obligasi ini. Hubungan Investor INDY Retina Rosabai belum menjawab panggilan telepon dan pesan singkat dari KONTAN.

Menurut sumber Bloomberg tadi, INDY akan menggelar road show ke beberapa negara sehubungan rencana penerbitan surat utang ini. Antara lain ke Hong Kong pada Kamis (22/10), Singapura pada Jumat (23/10), dan London pada Senin (26/10) nanti. INDY juga menjadwalkan pertemuan dengan investor New York pada Selasa (27/10), Boston pada Rabu (28/10) dan di wilayah pantai barat AS pada Kamis (29/10) mendatang.

Fitch Ratings memberi rating sementara B+ bagi obligasi INDY yang akan terbit ini. Dalam pengumuman rating-nya, Fitch mengatakan, peringkat akhir obligasi ini tergantung pada dokumen-dokumen yang sesuai dengan informasi yang sudah ada.

Fitch juga menaikkan peringkat utang jangka panjang dalam mata uang asing dan mata uang lokal INDY, dari B ke B+, dengan outlook stabil. Tak cuma itu, Fitch mengerek peringkat obligasi dolar Indo Integrated Energy BV senilai US$ 250 juta yang jatuh tempo 2012 nanti, dari B ke B+.

Dalam pantauan Fitch, INDY memiliki kas cukup kuat sebesar Rp 2,5 triliun per Juni 2009. Dus, obligasi yang hendak mereka terbitkan ini akan menambah dana lancar INDY. Fitch memperkirakan sebagian dari dana obligasi itu akan INDY pakai untuk akuisisi di sektor energi.

Kemarin, harga saham INDY berakhir melorot 2,06% menjadi Rp 2.375 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×