kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini emiten yang akan rights issue & tender offer


Senin, 25 September 2017 / 11:26 WIB
Ini emiten yang akan rights issue & tender offer


Reporter: Riska Rahman, Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Semester kedua ini, sejumlah emiten merencanakan aksi korporasi besar. Beberapa emiten berniat untuk menerbitkan saham baru lewat skema hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) alias rights issue

Beberapa diantaranya ialah PT Trada Maritime Tbk (TRAM), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), PT Marga Abhinaya Abadi Tbk (MABA), dan PT Duta Intidaya Tbk (DAYA).

DAYA akan menerbitkan 343 juta saham baru. Pemilik gerai Watsons ini akan menggunakan dana rights issue untuk keperluan ekspansi perusahaan di tahun 2018. "Kami ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dulu untuk mengurus persiapan dokumen registrasi," ujar Sukarnaen Suwanto, Direktur DAYA, Jumat (22/9).

Emiten tambang PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) juga kabarnya akan melaksanakan rights issue untuk mencari dana segar. Namun, Corporate Secretary MEDC Siendy K Wisandana mengatakan saat ini pihaknya masih terus berkomunikasi dengan regulator terkait rights issue ini.

"Kami juga sedang berusaha untuk memenuhi beberapa syarat, diantaranya keterbukaan informasi yang akan diumumkan sekitar pekan ini serta penyelenggaraan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) sekitar bulan November," kata Siendy.

PT Ancora International Tbk (OKAS) nampaknya masih belum menentukan aksi korporasi mana yang akan digunakan perusahaan untuk mencari dana baru. Presiden Direktur OKAS Teddy Kusumah Somantri mengatakan, pihaknya masih menimbang apakah akan menerbitkan obligasi atau rights issue untuk mencari dana baru.

Tender offer

Selain rights issue, sejumlah emiten menggelar tender offer. Setelah bersalin pemilik menjadi PT Sarana Agro Investama, PT Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA) menggelar penawaran tender wajib atas seluruh saham JAWA yang dimiliki publik. Jumlah saham beredar JAWA sebanyak 29,4%.

PT Batulicin Enam Sembilan Transportasi juga menggelar tender offer saham PT Majapahit Inti Corpora Tbk (AKSI). Batulicin menggelar tender wajib untuk membeli 3,66% sisa saham AKSI yng ada di publik.

Serupa, PT World Harvest Textile pun menggelar tender wajib atas seluruh sisa saham PT Asia Pacific Investama Tbk (MYTX). World Harvest akan membeli 22,47% sisa saham MYTX yang ada di publik dengan harga Rp 83 per saham.

Emiten lain yang menggelar tender offer adalah PT Lamicitra Nusantara Tbk (LAMI). Emiten ini menggelar penawaran tender karena berniat untuk delisting dari bursa. LAMI akan membeli seluruh sisa saham publik dengan harga Rp 814 per saham. Jumlah saham beredar LAMI hanya 7,12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×