kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalin kerjasama, Askrindo Syariah siap backup program KUR BRI Syariah


Kamis, 24 Mei 2018 / 13:14 WIB
Jalin kerjasama, Askrindo Syariah siap backup program KUR BRI Syariah
Kerjasama Askrindo Syariah dan BRI Syariah


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah menggaet Bank BRI Syariah melakukan konsinyering user acceptance test (UAT) online system untuk program kredit usaha rakyat (KUR). Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan persiapan masing-masing pihak, terutama persiapan teknis dalam penyaluran program KUR berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) yang dikembangkan oleh Kementerian Keuangan.

Senior Excecutive Vice President (SEVP) Business Askrindo Syariah Supardi Najamuddin mengatakan, Askrindo Syariah untuk pertama kalinya ditunjuk menjadi lembaga penjamin untuk mem-backup KUR dari Bank BRI Syariah.

"Ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk meningkatkan penyaluran KUR. Insya Allah Askrindo Syariah siap untuk mem-backup Bank BRI Syariah dalam hal penjaminan KUR," ujar Supardi melalui siaran persnya ke Kontan.co.id, Kamis (24/5).

Penetapan perusahaan penjamin program KUR ini harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan di antaranya adalah memenuhi rekomendasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lolos uji SIKP dan harus memiliki online system antara penyalur dan perusahaan penjamin.

"Dengan terbitnya rekomendasi Askrindo Syariah sebagai penjamin program KUR, maka dengan kata lain persyaratan tersebut sudah dipenuhi," ujar Supardi.

Proses penjaminan pada Askrindo Syariah sudah didukung oleh aplikasi online system application (OSA) dan e-polis. Pada aplikasi OSA dilengkapi dengan pengajuan penjaminan hingga pengajuan klaim secara online. Hal tersebut akan lebih memudahkan pihak penyalur dalam memproses kebutuhan debitur program KUR.

Pada awal bulan ini, sudah dilakukan pengujian oleh TIM UAT Kementerian Keuangan RI. Pengujian tersebut berjalan dengan baik, dengan melakukan pengujian pada enam aspek meliputi, otentikasi host to host, inquiry data sertifikat, penambahan data sertifikat, perubahan data sertifikat, inquiry data klaim, dan penambahan data penjaminan.

"Dengan terselenggaranya pengujian tersebut yang mana dapat berjalan dengan baik, maka Askrindo Syariah sudah siap untuk menjalankan penjaminan program KUR Bank BRI Syariah mulai tanggal 15 Mei 2018 lalu. Kita berharap, ke depannya program KUR dari Bank BRI Syariah yang dijaminkan kepada Askrindo Syariah dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya," kata Supardi.

Sementara itu, Kasie KPIL I Direktorat Sistem Manajemen Investasi (SMI) Kementrian Keuangan RI Ary Dekky Hananto menambahkan, nantinya data penyaluran dan penjaminan program KUR ini akan masuk kedalam data SIKP.

Hal ini untuk meyakinkan bahwa nomor penjaminan pada nomor akad yang dikirimkan oleh penyalur sudah sesuai dengan sertifikat penjaminan yang dikirimkan oleh penjamin perlu diadakan rekonsiliasi secara periodik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×