kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kartu ATM BCA lama bakal segera diblokir, begini cara menggantinya dengan yang baru


Kamis, 25 Maret 2021 / 05:45 WIB
Kartu ATM BCA lama bakal segera diblokir, begini cara menggantinya dengan yang baru
ILUSTRASI. Sebelum berakhirnya batas waktu yang ditentukan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengimbau nasabah untuk segera mengganti kartu ATM lama. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebelum berakhirnya batas waktu yang ditentukan, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengimbau nasabah untuk segera mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi kartu ATM chip. 

Berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia (BI), batas akhir penggunaan kartu debet ATM berbasis magnetic stripe berakhir pada tahun 2021. Artinya, Paspor BCA lama sudah tidak dapat lagi digunakan efektif tanggal 1 Januari 2022. 

"Perseroan terus berupaya untuk mendorong nasabah dalam mengimplementasikan chip pada kartu debit BCA untuk meminimalisir tindak kejahatan dalam bertransaksi perbankan," kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn kepada Kompas.com, Senin (22/3/2021). 

Adapun hingga Desember 2020, jumlah Kartu Debit BCA tercatat sekitar 22,5 juta. Sekitar 80% atau 18,5 juta kartu debit sudah menggunakan chip. Perseroan berharap penggantian kartu ATM akan mendapat hasil yang maksimal tahun ini.

Baca Juga: Catat jadwal pemblokiran kartu ATM lama BRI hingga BCA

Caranya dengan mengintensifkan edukasi dan mempermudah serta memperluas akses untuk penukarannya, disamping adanya promosi untuk mendorong konversi tersebut. 

"Dapat kami sampaikan juga bahwa semua mesin ATM dan EDC BCA sudah mampu membaca kartu ATM chip," ujar Hera. 

Lalu, bagaimana cara menggantinya? 

Hera berujar, nasabah bisa menukar kartu ATM berbasis magnetic stripes menjadi chip di kantor cabang terdekat maupun mesin CS digital. Kamu juga perlu menyiapkan KTP dan Paspor BCA lama yang ingin ditukar. 

Baca Juga: Seluruh kartu ATM BRI ditargetkan sudah migrasi ke kartu cip pada September 2021

Kartu berbasis chip ini mampu mengurangi risiko kejahatan seperti skimming. Pasalnya kartu magnetic stripes secara teknologi akan lebih mudah disalin ketimbang kartu chip. 

"Untuk melakukan pertukaran kartu, nasabah dapat melakukannya di hampir 900 mesin CS Digital BCA yang tersebar di seluruh Indonesia ataupun di kantor cabang BCA," ucap Hera.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kartu ATM BCA Lama Bakal Diblokir, Begini Cara Mengganti dengan yang Chip"
Penulis : Fika Nurul Ulya
Editor : Erlangga Djumena

Selanjutnya: Ayo segera ganti kartu ATM BRI lama ke kartu chip baru, begini caranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×