kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemkop UKM beri pendampingan manajemen tata kelola pasar rakyat


Senin, 19 Maret 2018 / 09:30 WIB
Kemkop UKM beri pendampingan manajemen tata kelola pasar rakyat
ILUSTRASI. Bimbingan teknis pendampingan UMKM


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pasar Rakyat saat ini menghadapi tantangan yang berat seiring menjamurnya pasar modern. Untuk itu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) berinisiatif menggelontorkan kebijakan yang terpadu untuk mengembangkan pasar rakyat yang dikelola oleh koperasi. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah lewat pendampingan manaemen tata kelola pasar rakyat.

“Menyadari pembangunan fisik tidak memberikan jaminan dan kepastian dalam menjaga pasar rakyat tetap survive dalam jangka panjang maka diperlukan terobosan yang pas dalam penguatan kelembagaan dan pengembangan SDM pengelola dan pedagang pasar rakyat,” kata I Wayan Dipta, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran, Kemkop dan UKM dalam keterangan yang diterima KONTAN, Senin (19/3).

Menurut Wayan Dipta, pendampingan manajemen tata kelola pasar rakyat dilakukan secara intensif dengan membedah konten dan aplikasi tata kelola ideal yang seharusnya dilakukan sebagai representasi profesionalisme pengelolaan. Tujuannya, "Untuk mewujudkan pasar yang layak usaha dan layak kunjung,” ujar Wayan.

Selain itu, pendampingan manajemen juga dilengkapi dengan teknik mendesain dan memperkuat branding pasar rakyat sehingga menjadi lebih atraktif dan bahkan dalam jangka panjang mampu menjadi destinasi wisata dan ikon daerah. 

Melalui kegiatan ini, Wayan meminta komitmen koperasi pengelola pasar rakyat agar benar-benar mampu mengelola pasar rakyat melalui penerapan tata kelola yang amanah (good governance) sehingga kesan pasar rakyat yang kumuh, becek, tidak menarik mampu diubah menjadi pasar yang atraktif, serta memberikan tempat yang layak berjualan bagi pedagang dan layak belanja bagi para pembeli.

“Akhirnya pasar rakyat akan mampu menjadi kebanggaan daerah masing-masing,” kata Wayan Dipta.

Kemkop dan UKM telah memberikan stimulus pembangunan fisik pasar rakyat melalui pola tugas perbantuan. Wayan berharap koperasi pengelola pasar rakyat dengan didukung penuh pedagang mampu mewujudkan pasar rakyat yang benar-benar menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja di tengah maraknya pasar-pasar modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×