kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KITA Finance incar kredit elektronik


Sabtu, 20 Desember 2014 / 10:15 WIB
KITA Finance incar kredit elektronik
ILUSTRASI. Cek Daftar Menu Sarapan Pagi yang Sehat, Ada Buah hingga Telur. Kontan/Panji Indra


Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. PT Kencana Internusa Artha Finance alias KITA Finance tergiur mencicip manisnya bisnis usaha pembiayaan elektronik dan perabotan rumah tangga. Jika tidak ada aral melintang, multifinance ini akan melebarkan sayap di bisnis pembiayaan ini tahun depan. Ini sekaligus menjadi strategi untuk mengencangkan arus pembiayaan.

Ernin Saleh, Direktur KITA Finance mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya akan menawarkan pembiayaan elektronik dan perabotan rumah tangga ini untuk pasar pelanggan yang sudah ada sebelumnya. "Kami punya sekitar 10.000 nasabah existing," tutur Ernin kepada KONTAN, Jumat (19/12).

Sebagai tahap awal, fitur pembiayaan elektronik dan perabotan rumah tangga akan ditawarkan kepada nasabah pembiayaan konsumen roda empat yang membayar cicilan selama enam bulan tanpa menunggak.

Untuk produk pembiayaan elektronik, KITA Finance akan membatasi tenor maksimal satu tahun. Dengan perluasan usaha ini, KITA Finance berharap total pembiayaan tahun depan bisa tembus Rp 2,2 triliun. Target pembiayaan ini tumbuh 57% ketimbang proyeksi akhir tahun ini yang berkisar Rp 1,4 triliun.

Per November 2014, pembiayaan KITA FInance mencapai Rp 1,2 triliun. Selain membuka bisnis pembiayaan elektronik, KITA Finance pun memiliki strategi lain di tahun depan. KITA Finance akan meningkatkan pangsa pasar pembiayaan kendaraan roda empat bermerek Honda dari tahun ini sektiar 10% menjadi 12%.

Multifinance ini ingin mempertebal portfolio bisnis pembiayaan operational lease. Operational lease sudah berjalan tahun ini. Tapi pembiayaannya masih kurang dari 1% terhadap total bisnis. KITA Finance pun akan memperpanjang tenor pembiayaan dari saat ini maksimal lima tahun menjadi 6–7 tahun.

"Perpanjangan tenor sekaligus sebagai upaya memitigasi risiko dan menghindari kredit macet, sehingga nasabah tidak perlu melakukan restrukturisasi," terang Ernin.

Asal tahu saja, di sepanjang tahun ini, KITA Finance merevisi target pembiayaannya sebanyak dua kali. Hal ini disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan pembiayaan yang juga dirasakan hampir seluruh pelaku industri pembiayaan. "Ini juga menjadi refleksi dari perlambatan pertumbuhan penjualan otomotif dari industri," terang Ernin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×