kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Laba bersih OCBC NISP tahun 2020 turun 27,5%


Rabu, 10 Februari 2021 / 16:29 WIB
Laba bersih OCBC NISP tahun 2020 turun 27,5%
ILUSTRASI. Warga melintas di depan gedung OCBC NISP Tower Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/04/2020


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank OCBC NISP Tbk penurunan kinerja pada tahun 2020. Perseroan hanya berhasil mengantongi laba bersih Rp 2,1 triliun atau turun 27,5% dari laba tahun 2019 sebesar Rp 2,9 triliun. 

Penurunan laba sejalan dengan meningkatnya biaya provisi untuk mengantisipasi resiko kredit perseroan. Jika mengesampingkan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN), laba operasional OCBC NISP masih naik 14% YoY menjadi Rp 5,2 triliun. 

Hal ini didukung pertumbuhan pendapatan operasional sebesar 9%  secara tahunan, sementara upaya peningkatan produktivitas dan efesiensi telah berkontribusi positif, antara lain biaya operasional dengan kenaikan hanya 2% secara tahunan.

Outstanding kredit bank ini tercatat sebesar Rp 114,9 triliun, turun 3,44% yoy dari Rp119 triliun. Rasio rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) net tercatat masih aman di posisi 0,8% dan NPL bruto sebesar 1,9%. Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan tumbuh 26% dimana CASA tumbuh 42%. 

Baca Juga: Masa Depan Unit Usaha Syariah 2021

Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan,  pandemi Covid-19 banyak memberikan pelajaran untuk mendorong akselerasi digital hingga perubahan perilaku nasabah yang semakin sadar akan pengelolaan keuangan dan investasi.

"Fenomena ini kami sambut dengan mengakselerasi kemampuan kami menghadirkan solusi perbankan yang memungkinkan nasabah individu dan korporasi mengelola keuangannya di mana saja, didukung dengan kemudahan dan fleksibilitas dari layanan digital kami, serta berbagai program pemberdayaan dan edukasi untuk mendukung masyarakat menjaga kesehatan keuangannya,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Rabu (10/2).

Fleksibilitas untuk transaksi, menabung dan berinvestasi yang ditawarkan channel digital Bank OCBC NISP disambut baik oleh nasabah terutama saat pandemi. Parwati bilang, hal itu tercermin dari peningkatan jumlah maupun volume transaksi serta pengguna layanan.

Pada layanan ONe Mobile untuk nasabah individu, terjadi peningkatan jumlah transaksi sebesar 58%  secara tahunan, volume transaksi sebesar 92% YoY,  serta jumlah pengguna sebesar 41 % YoY.

Selanjutnya: Sejumlah bank jumbo membuka opsi pangkas bunga kredit lagi, siapa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×