kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lima bulan beroperasi, Esta Kapital salurkan pinjaman Rp 16 miliar


Jumat, 03 Agustus 2018 / 19:45 WIB
Lima bulan beroperasi, Esta Kapital salurkan pinjaman Rp 16 miliar
ILUSTRASI. Esta Kapital Fintek


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah lima bulan resmi beroperasi sejak akhir Februari hingga akhir Juli lalu, PT Esta Kapital Fintek telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 16 miliar kepada 5.430 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Yefta Surya, Direktur Utama Esta Kapital mengatakan, umumnya pelaku usaha tersebut adalah kaum ibu-ibu di wilayah Jabodetabek dan Indonesia bagian timur seperti Takalar, Kolaka, Ternate, Halmahera Utara dan daerah lain di wilayah Sulawesi dan Maluku.

Dari Rp 16 miliar dana yang telah tersalurkan tersebut, Esta Kapital mengklaim memiliki rata-rata pertumbuhan dana yang disalurkan sebesar 1.926,7% setiap bulannya.

"Sehinga dengan pertumbuhan yang besar tersebut, Esta Kapital semakin yakin dapat membangun komunitas tanpa kemiskinan," kata Yefta dalam siaran persnya, Jumat (3/8).

Selama beroperasi, pada Juli lalu merupakan periode dimana Esta Kapital mampu mencapai peningkatan yang signifikan. Pasalnya hanya bulan tersebut Esta Kapital mampu menyalurkan pinjaman kepada 4.045 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan total pinjaman sebesar Rp 10,5 miliar.

Yefta bilang, saat ini rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) perusahaan sebesar 0,03%. Hingga akhir tahun ini, perusahaan yang baru beroperasi sejak lima bulan lalu tersebut optimistis bisa menekan kredit macet di angka 0,2%.

Manajemen Esta Kapital yakin bisa mencapai target tersebut sebab memiliki ekosistem dan menjalin kerjasama dengan Esta Dana Ventura.

"Hal ini untuk membantu menyeleksi nasabah kami serta melakukan kunjungan rutin dan pertemuan kelompok peminjam tiap minggu,” jelas Yefta.

Sekadar informasi, Esta Kapital Fintek telah mendapat surat terdaftar dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 8 Desember 2017 dengan nomor surat S-5961/NB. 111/2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×