kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri klarifikasi gagalnya transaksi nasabah*


Selasa, 27 Juni 2017 / 09:54 WIB
Mandiri klarifikasi gagalnya transaksi nasabah*


Sumber: Kompas.com | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengklarifikasi terkait gagalnya transaksi dan hilangnya dana nasabah. Kedua kejadian tersebut terjadi pada Kamis (22/6).

Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo menerangkan, hilangnya dana nasabah tersebut, karena banyaknya transaksi yang terjadi di dalam sistem back office perseroan. 

Menurut Tiko, sapaan akrab Kartika, biasanya transaksi harian Bank Mandiri mencapai 20 juta sampai 30 juta transaksi per hari, namun pada Kamis (22/6) mencapai 50 juta transaksi per hari. Melonjaknya jumlah transaksi tersebut membuat sistem back office Bank Mandiri menjadi terkendala. 

"Kemarin, hari Kamis extra ordinary hampir 45 juta transaksi bahkan hampir 50 juta transaksi. Karena banyak gaji dan THR, kemudian orang-orang banyak pembayaran karena hari terakhir kan. Sehingga ada kendala di back office," ujarnya saat ditemui dalam "Open House" Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta, Senin (26/6). 

Tiko menuturkan, dari semua jumlah transaksi tersebut baru dua jenis transaksi yang telah terselesaikan yakni transaksi tunai dan transaksi antar bank. Sisanya, transaksi elektronik menggunakan Electronic Data Capture (EDC) sedang diproseskan. 

"Yang EDC sekarang memang lagi proses. Kalau untuk transaksi tunai dan antarbank semua sudah selesai. Jadi kita memang utamakan sebelum selesai Lebaran yang terdebet sudah balik lagi ke back office sudah selesai semua," jelasnya.

Dalam hal ini, Kartika membenarkan, adanya dana nasabah yang hilangnya saat melakukan transaksi. Dana nasabah ini hilang, juga dikarenakan banyaknya transaksi, sehingga menggangu sistem back office Bank Mandiri. 

"Iya itu (dana hilang) betul. Akan tetapi, besoknya sudah kami kembalikan. Jadi setelah ditarik tunai tidak keluar uangnya tapi terdebet, itu besoknya udah kita kreditkan lagi semua. Sebetulnya nilainya enggak terlalu banyak. Cuma berapa puluh miliar lah," katanya. (Achmad Fauzi)

Artikel berikut ini sudah tayang di Kompas.com berjudul: Banyaknya Transaksi Jadi Penyebab Dana Nasabah Bank Mandiri Hilang

*Ralat (28 Juni 2017) pada artikel sebelumnya berjudul Mandiri: Transaksi padat picu dana nasabah hilang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×