kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mempersiapkan Dana untuk Masa Depan Anak Lewat Program Deposito J Trust Bank


Kamis, 08 April 2021 / 12:00 WIB
Mempersiapkan Dana untuk Masa Depan Anak Lewat Program Deposito J Trust Bank
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Tahun ajaran baru sekolah segera menjelang. Pendidikan anak dan rencana keuangan perlu persiapan matang.

Anak akan menempuh beberapa jenjang pendidikan, dari taman kanak-kanak hingga dengan perguruan tinggi. Biaya pendidikan naik kira-kira 15% setiap tahunnya. Oleh karena itu, mungkin akan terasa berat jika tidak disiapkan sejak awal.

Pertama, menentukan kebutuhan biaya untuk perencanaan dana pendidikan. Orang tua sebaiknya berdiskusi untuk menentukan jenis pendidikan tinggi dan lokasinya.

Baca Juga: Hadapi Ketidakpastian Pandemi, Perkuat Dana Darurat Lewat Program J Trust Bank

Kedua, menentukan kapan kebutuhan biaya harus dipenuhi. Sisa jangka waktu yang dimiliki sejak sekarang hingga jatuh tempo kebutuhan dana menjadi durasi persiapan dana pendidikan. Pahami bahwa untuk kebutuhan dana pendidikan satu anak saja dapat terdiri dari kebutuhan sekolah dasar, sekolah menengah, dan universitas.

Ketiga, jumlahkan total biaya yang diperlukan dan jangan lupa memperhitungkan inflasi. Cobalah untuk menyusun anggaran untuk persiapan sekolah dengan memangkas 10%–20% dari pendapatan. Untuk urusan ini, pemotongan harus dilakukan dan tidak bisa ditawar-tawar.

Setelah itu, tentukan rencana pemenuhan target dana pendidikan, misalnya dengan deposito, investasi, atau menggabungkan kedua cara tersebut.

Untuk menambah pemasukan untuk pendidikan, Anda bisa mencoba menabung dengan investasi. Pilihlah investasi untuk jangka panjang dan minim risiko, misalnya dengan mengikuti program deposito dari J Trust Bank.

Pada bulan April 2021 ini, PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) menawarkan sejumlah program deposito dengan bunga deposito yang menarik kepada nasabahnya.

Program itu, antara lain bunga deposito yang fantastis hingga 6%, program deposito dengan tiga keuntungan 1-2-3 (Let’s 1-2-3), program bundling deposito J Trust One dan program Win-Win-Win.

Dalam program Let's 1-2-3, J Trust Bank menawarkan tiga keuntungan bunga deposito dengan penempatan deposito tiga kali dalam satu periode. Hanya dengan menempatkan deposito minimum Rp20 juta, nasabah akan memperoleh suku bunga deposito spesial yang lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga deposito biasa.

Nasabah harus menempatkan dana deposito sebanyak tiga kali berturut-turut dengan total penempatan Rp70 juta dalam satu kali periode.

Nasabah akan mendapatkan bunga deposito yang berbeda untuk setiap penempatan. Tenor yang dipilih dapat sama semua untuk tiga deposito atau dapat pula berbeda-beda (mix). Penempatan dana dapat diperpanjang satu kali lagi dengan penambahan dana baru.

Pada deposito pertama, nasabah menempatkan dana dengan nominal Rp20 juta dengan bunga deposito 5,75% per annum (p.a), deposito kedua Rp20 juta (6,0% p.a), dan deposito ketiga Rp30 juta (6.25% p.a). Adapun jangka waktu penempatan dana yang tersedia 2,3,4, 6 dan 12 bulan.

Untuk perpanjangan program ini, total paket dapat menjadi Rp140 juta dengan dana tambahan tetap yang merupakan dana baru. Program ini berlaku pada 1 April 2021 hingga 30 April 2021.

Dalam program ini, ketentuan pajak 20% untuk bunga deposito tetap berlaku, kecuali jika terdapat ketentuan lain untuk nasabah khusus. Selain itu, apabila nasabah melakukan break, nasabah akan dikenakan penalti sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait program-program deposito J Trust Bank, silahkan kunjungi laman www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×