kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitigasi risiko, APEI kerja sama dengan Pefindo


Senin, 18 Desember 2017 / 16:53 WIB
Mitigasi risiko, APEI kerja sama dengan Pefindo


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Perusahaan Efek Indonesia (APEI) baru saja meneken nota kesepahaman dengan PT Pefindo Biro Kredit (PBK) yang berlangsung di Jakarta, pada Senin (18/12).

Melalui nota kesepahaman tersebut, APEI dan Pefindo Biro Kredit akan bekerja sama dalam upaya meningkatkan kesadaran pentingnya manajemen risiko termasuk risiko kredit bagi perusahaan efek yang memberikan fasilitas pembiayaan. Kerja sama ini juga mendorong perusahaan efek untuk melakukan mitigasi risiko dengan mendalami karakter pemohon fasilitas melalui layanan Pefindo Biro Kredit.

Yohanes Arts Abimanyu, Direktur Utama Pefindo Biro Kredit mengatakan, melalui informasi yang disajikan oleh Biro Kredit diharapkan dapat terjadi peningkatan mitigasi risiko kredit bagi perusahaan efek khususnya dalam hal pemberian fasilitas pembiayaan bagi nasabahnya.

"Kehadiran kami dapat memudahkan perusahaan efek dalam melakukan analisis karakter pemohon fasilitas pembiayaan termasuk informasi skor, tingkat risiko dan kemungkinan gagal bayar," kata Yohanes dalam siaran resminya, Senin (18/12).

Menurut dia, pengelolaan risiko merupakan unsur penting dalam melakukan kegiatan usaha termasuk di industri pasar modal. Terlebih bagi perusahaan efek yang memberikan fasilitas pembiayaan bagi nasabahnya sehingga berpotensi harus menanggung risiko kredit.

Selain mengandalkan mekanisme margin call dan top up atas kolateral seperti yang sudah dilakukan selama ini, mitigasi risiko dapat dilakukan dengan analisa awal atas karakter calon penerima fasilitas seperti layaknya penerapan prinsip analisa kredit 5C di industri keuangan lainnya.

Proses analisa permohonan fasilitas pembiayaan mulai saat ini dapat dilakukan oleh perusahaan efek dengan dengan bantuan biro kredit swasta seperti Pefindo Biro Kredit melalui laporan kredit
yang dapat menggambarkan karakter pemohon fasilitas.

Zaki Mubarak, Koordinator Komite Ketua Umum APEI menambahkan, perusahaan efek anggota APEI dapat memanfaatkan platform yang disediakan Pefindo Biro Kredit untuk know your customer (KYC) dalam rangka memberikan fasilitas transaksi sesuai produk yang dikembangkan masing-masing perusahaan efek.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×