kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MKI caplok 43% saham Nusantara Infrastructure


Kamis, 14 September 2017 / 20:56 WIB
MKI caplok 43% saham Nusantara Infrastructure


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - PT Matahari Kapital Indonesia (MKI) mengakuisisi 43% saham PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) senilai Rp 1,8 triliun. Pembelian tersebut dilakukan pada akhir pekan lalu (8/9).

MKI membeli saham META yang dimiliki oleh Eagle Infrastructure Fund Limited sebanyak 3,4 miliar saham atau 22% dan dari PT Hijau Makmur Sejahtera sebanyak 3,2 miliar saham atau 21%.

MKI perusahaan swasta yang beralamat di Jakarta dan berafiliasi dengan M. Ramdani Basri (Direktur Utama META) melakukan transaksi pembelian saham tersebut di harga Rp 270 per saham.Transaksi pembelian saham ini dilakukan melalui BCA Sekuritas selaku arranger pembeli dan Credit Suisse selaku arranger dari penjual.

Transaksi ini dilakukan, karena manajemen MKI yakin bisnis infrastruktur merupakan kebutuhan utama dalam pembangunan Indonesia saat ini.
"Hal ini terbukti, manajemen Nusantara Infrastructure sejak awal melahirkan dan membangun perusahaan mempunyai keyakinan dan
kepercayaan yang besar terhadap pertumbuhan bisnis infrastruktur di Indonesia," ungkap manajemen MKI dalam keterangan resmi yang diterima KONTAN, Kamis (14/9).

Terbukti, manajemen berhasil membesarkan META mulai dari dua perusahaan pada 2006 hingga menjadi 17 perusahaan pada tahun ini. META juga membukukan peningkatan pendapatan dari Rp 112 miliar menjadi Rp 986 miliar pada 2016, dengan laba bersih dari Rp 903 juta menjadi Rp 220 miliar.

Manajemen MKI juga menyebut, sudah berhasil mengundang investor-investor strategik sebagai partner di anak perusahaan dalam pengembangan bisnis infrastruktur di Indonesia. Pada bisnis unit jalan tol manajemen telah berhasil mengundang Cap Asia sebagai partner keuangan dan Japan Express (Jexway), perusahaan BUMN dari Jepang sebagai partner strategis.

Sedangkan di bidang menara telekomunikasi, manajemen bekerja sama dengan salah satu Private Equity Telekomunikasi, Media dan Teknologi terbesar mengembangkan bisnis tower di Indonesia.

Dengan pengalaman-pengalaman tersebut, manajemen MKI mengambilalih kepemilikan saham META sebanyak 43% dengan menggunakan perusahaan yang terafiliasi dengan Direktur Utama META beserta dengan manajemen.

"Di masa mendatang MKI akan menggunakan pola yang sama dengan mengundang partner strategis maupun partner keuangan untuk mengembangkan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia," tulis manajemen MKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×