kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mustafa Abubakar didapuk jadi Komisaris Utama Bukopin


Selasa, 22 Mei 2018 / 17:06 WIB
Mustafa Abubakar didapuk jadi Komisaris Utama Bukopin
Mustafa Abubakar


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Bukopin Tahun Buku 2017 mengesahkan Mustafa Abubakar sebagai komisaris utama independen perseroan untuk periode 2018 sampai 2023.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (22/5) Mustafa Abubakar sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2009-2011. Beliau juga pernah menjadi Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia untuk periode 2012 hingga 2015.

"Penetapan Mustafa Abubakar sebagai Komisaris Utama Bank Bukopin merupakan bagian dari penyegaran di tubuh manajemen Bank Bukopin," ujar Ariesyanti Budi Pratiwi, Sekretaris Perusahaan Bukopin.

Selain itu, RUPST Bukopin juga mengesahkan pengunduran diri Karya Budiana dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Independen untuk kemudian ditetapkan sebagai Komisaris Independen.

Penetapan Mustafa Abubakar sebagai Komisaris Utama Independen merupakan bagian dari keputusan RUPST agenda keenam, yaitu perubahan susunan pengurus Perseroan.

Kemudian, RUPST juga mengesahkan pengunduran diri M. Rachmat Kaimuddin dari Komisaris Bank Bukopin. Selanjutnya, Rachmat Kaimuddin diangkat sebagai Direksi Perseroan, mengisi posisi lowong yang ditinggalkan oleh Setiawan Sudarmaji yang mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Operasi. Selain di Bukopin, saat ini Rachmat Kaimuddin juga menjabat sebagai Chief Financial Officer di PT Bosowa Corporindo, pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

Untuk mengisi posisi Komisaris yang lowong karena ditinggalkan oleh Rachmat Kaimuddin, RUPS kemarin juga mengesahkan penunjukan M. Subhan Aksa sebagai Komisaris Bank Bukopin. Subhan Aksa merupakan salah satu pemegang saham dari 30% kepemilikan PT Bosowa Corporindo di Bank Bukopin.

Sementara itu, pemerintah menunjuk Susiwijono sebagai Komisaris di Bank Bukopin menggantikan Luky Alfirman yang mendapatkan penugasan lain. RUPST juga menyetujui pengunduran diri Parikesit Suprapto dari Komisaris Independen.

Hal lain yang ditetapkan RUPST adalah mengesahkan pengangkatan Hari Wurianto sebagai Direktur menggantikan Irlan Suud yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Kepatuhan.

Dalam RUPS Luar Biasa yang diselenggarakan pada 10 Januari 2018 lalu telah disetujui penunjukan Eko Rachmansyah Gindo sebagai Direktur Utama dan Rivan A Purwantono Direktur Bukopin.

"Dalam RUPST hari ini, manajemen melaporkan bahwa keduanya telah efektif menjabat setelah dinyatakan lolos uji kemampuan dan kepatutan (fit & proper test) dari Otoritas Jasa Keuangan," tambah Ariesyanti.

Dengan keputusan tersebut, Komposisi manajemen Bank Bukopin periode 2018-2023 menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama Independen: Mustafa Abubakar

Komisaris: M. Subhan Aksa

Komisaris: Deddy SA Kodir
Komisaris: Susiwijono
Komisaris Independen: Karya Budiana
Komisaris Independen: Mulia P. Nasution
Komisaris Independen: Margustienny.

Direksi ;

Direktur Utama: Eko Rachmansyah Gindo
Direktur: Mikrowa Kirana
Direktur: Adhi Brahmantya
Direktur: Heri Purwanto
Direktur: Rivan A Purwantono
Direktur: M. Rachmat Kaimuddin*
Direktur: Hari Wurianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×