kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pengawas bank di OJK hanya 60% dari jumlah ideal


Selasa, 17 Oktober 2017 / 16:28 WIB
Pengawas bank di OJK hanya 60% dari jumlah ideal


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring pertumbuhan total aset perbankan, diproyeksi kebutuhan pengawas bank akan terus bertambah. Apalagi bisnis perbankan kedepan semakin kompleksnya mulai dari hedging valas dan fintech.

Berdasarkan data terakhir Otoritas Jasa Keuangan jumlah aset perbankan sebanyak Rp 6596 triliun atau naik 9,86% secara tahunan atau year on year (yoy).

Sumber KONTAN di OJK menyebut saat ini jumlah pengawas bank di Indonesia masih belum ideal. "Saat ini formasi efektif pengawas bank baru terpenuhi 60%," kata sumber ini kepada KONTAN.

Menurut sumber KONTAN ini, untuk lebih mengefektifkan pengawasan di OJK seharusnya jumlah pengawas dan perangkatnya harus ditambah.

Ahmad Berlian, Kepala Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan OJK bilang kedepan pengawasan bank akan lebih memanfaatkan teknologi informasi.

"Sehingga bisa lebih efektif dan efisien," kata Ahmad kepada KONTAN, Selasa (17/10).

Industri perbankan menyambut beragam terkait masih belum idealnya jumlah pengawas bank di Indonesia.

Haryono Tjahjariadi, Direktur Utama Bank Mayapada bilang meskipun jumlah aset bertambah namun dari jumlah bank yang diawasi relatif berkurang dibandingkan 10 tahun lalu.

"Industri perbankan hari ini berbeda dibandingkan 10 tahun lalu baik dari sisi jumlah bank yang diawasi maupun dari digitalisasi laporan," kata Haryono kepada KONTAN, Selasa (17/10).

Senada dengan OJK, Haryono bilang saat ini jumlah pengawas bisa dibuat lebih efektif dan efisien karena ditunjang dengan digitalisasi laporan.

Sebagai gambaran, pada tahun lalu, hampir 342 pengawas bank yang ada di OJK memilih kembali lagi ke institusi awal yaitu Bank Indonesia.

Hal ini membuat jumlah pengawas di OJK berkurang. Namun setelah perpindahan ini, OJK membuka beberapa lowongan pengawas untuk mengisi kekosongan posisi pengawas yang ditinggalkan pegawainya dulu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×